Nov

14

10 Makanan Untuk Kesuburan Bunda

makanan untuk kesuburanMengapa perlu konsumsi makanan untuk kesuburan?  Untuk pasangan yang berkeinginan untuk mendapatkan momongan ataupun menambah jumlah anak, kadangkalan keinginan tidak segera tercapai.  Salah satu penyebabnya bisa jadi masalah kesuburan.  Masalah kesuburan bisa timbul akibat pola hidup yang sibuk sepanjang hari, polusi lingkungan, maupun pola konsumsi yang tidak sehat. Masalah kesuburan tidak hanya bisa dialami oleh Bunda tetapi juga bisa dialami oleh Ayah.

 

Jadi apa saja 10 makanan untuk kesuburan Bunda dan Ayah?  Yuk simak.

 

 

10 Makanan Untuk Kesuburan Bunda dan Ayah :

  • Tiram dan Kerang : Menurut penelitian, rendahnya kadar vitamin B12 dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan rendahnya kadar hormon estrogen.  Kadar estrogen yang normal atau lebih tinggi diperlukan untuk memperkuat endometrium dimana sel telur subur menempel.  Kedua jenis makanan ini mengandung vitamin B12 yang tinggi.  Tambahkan dalam menu mingguan Bunda ya.
  • Telur : Peneliti dari Universitas Yale menemukan bahwa Bunda bisa berkurang kesuburannya karena memiliki gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran kista dan banyak kista kecil di sepanjang ujung terluar dari masing-masing indung telur.  Akibatnya Bunda sulit hamil.  Gangguan hormonal ini karena Bunda kekurangan vitamin D di dalam tubuhnya.  Salah satu sumber vitamin D yang dianjurkan adalah telur.
  • Buah Jeruk :  Sebenarnya ketidaksuburan juga bisa dialami oleh Ayah.  Telah terbukti kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat meningkatkan jumlah dan kecepatan gerak dari sel sperma untuk mencapai sel telur.  Sedangkan untuk Bunda, vitamin C dapat memperbaiki keseimbangan hormonal.  Untuk itu bagi yang berencana hamil, lebih baik konsumsi segelas sari jeruk murni daripada secangkir kopi panas untuk pendamping menu sarapan.
  • Kacang Almond : Vitamin E sebagai vitamin yang penting untuk kesuburan sudah lama diketahui.  Vitamin E ini melindungi DNA dari sel sperma dan sel telur.  Salah satu sumber vitamin E yang baik adalah kacang almond.  Konsumsi jenis kacang ini juga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
  • Ikan Salmon : Ikan salmon mengandung mineral Selenium yang sangat penting untuk menjadi hamil dan bayi yang dilahirkan adalah bayi sehat.  Mineral ini melindungi sel sperma dan sel telur dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kromosom,  keguguran dan bayi lahir cacat.  Mineral ini juga meningkatkan jumlah dan gerak cepat dari sel sperma.
  • Kacang Polong : Kacang ini menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron demi kesehatan kehamilan dan mengurangi resiko keguguran.  Kandung mineral Seng pada kacang ini meningkatkan mutu sel sperma dan meningkatkan kesuburan Ayah.
  • Ikan Makerel : Konsumsi ikan ini direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan Bunda dan Ayah.  Ikan ini mengandung asam lemak penting terutama DHA (docosahexaenoic acid) yang memperkuat sistem reproduksi Bunda.  Juga melindungi sel sperma dari peningkatan kadar kolestrol pada selaput sel yang dapat menyebabkan penurunan mutu kematangan sel sperma.
  • Asparagus : Kandungan asam folat pada sayuran ini sangat penting pada masa perencanaan kehamilan dan selama kehamilan.  Biasanya dokter memberikan dalam bentuk suplemen asam folat, tetapi asupan dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi sayuran ini 3 kali seminggu.
  • Pisang : Konsumsi buah ini dapat memberikan asupan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin ini penting untuk mengatur siklus menstruasi yang teratur dan perkembangan sel telur serta sel sperma.
  • Kacang Tolo : Kacang pada umumnya mengandung asam folat dan mineral seperti zat besi, Magnesium dan Mangan yang penting untuk Bunda yang meinginkan kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat. Sementara itu terutama kacang tolo dapat meningkatkan kesuburan Ayah dan menjaga keseimbangan hormonal Bunda.  Jadi dianjurkan untuk mengganti menu daging saat makan dengan menu kacang-kacangan sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Semua bermula dari pola hidup dan pola makan.  Demikian juga untuk pasangan yang merencanakan memiliki anak ataupun menambah jumlah anak, perlu menggunakan bahan makanan yang diketahui merupakan makanan untuk kesuburan untuk Bunda, Ayah atau keduanya.  Semoga cepat hamil ya, Bunda.

Sumber Artikel : http://www.uncoverdiscover.com

Leave a Reply