Dec

22

12 Tips Bunda Bahagia Sepanjang Hari

12-tips-bunda-bahagia-sepanjang-hariPilihan Bunda untuk berhenti bekerja dan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sehingga memiliki banyak waktu dengan anak-anak adalah suatu keputusan besar.  Apalagi Bunda telah terbiasa kerja kantoran sejak lulus kuliah dan menikmati pekerjaan yang digeluti.

Sebelum mengalami sendiri, banyak yang mengira bahwa Bunda yang bekerja di kantor adalah Bunda yang super sibuk sementara Bunda yang tinggal di rumah itu enak sekali.  Nyatanya dan tergantung pada karakter pribadi,  tingkat stress bisa saja lebih tinggi karena jam kerja ibu rumah tangga tidak ada jam masuk dan jam pulang kerja.  Yang ada jam bangun tidur dan jam pergi tidur.

Kiat Bahagia Sepanjang Hari

Apapun pilihan Bunda untuk bekerja di luar rumah, ibu rumah tangga yang punya bisnis ataupun ibu rumah tangga secara penuh, ada saat-saat ketegangan melanda perasaan.  Pada saat-saat seperti itu, Bunda rasanya ingin makan terus

bisa jadi menguyah cemilan sepanjang waktu ataupun menambah jumlah frekwensi konsumsi makanan berat.  Atau menghabiskan waktu untuk membeli barang-barang yang on sale padahal barang-barang tersebut hanya diinginkan secara instan tetapi belum tentu dibutuhkan.  Bahkan ketegangan bisa menjadi emosi negatif kepada orang-orang sekitar Bunda.

Untuk itu penyembuh stress ataupun cara mengurangi ketegangan, harus siap digunakan atau dilakukan segera saat diperlukan.  Apa saja ya?

  1. Punya play list di handphone ataupun di CD player di mobil Bunda.  Begitu stress , nyalakan dan ikutlah bernyanyi
  2. Lakukan gerakan senam ringan atau berjalan-jalan santai.  Hal ini akan melemaskan otot-otot yang kaku dan mengendorkan ketegangan.
  3. Punya buku bacaan ringan yang bisa diajak ke pojok untuk melarikan diri sejenak
  4. Pilihlah sebuah taman dimana ada orang-orang lain yang juga bersantai dan bergembira di sana.  Emosi positif ini akan menular
  5. Telponlah kawan lama ataupun pasangan Bunda yang biasanya memang jago menenangkan Bunda
  6. Berbaringlah di tempat yang  empuk.  Pejamkan mata sambil tersenyum
  7. Secara rutin miliki “me time” dan biarkan anggota keluarga lain juga miliki “me time”
  8. Lakukan kegiatan bercinta secara rutin minimal dua kali seminggu.  Bikin Bunda dan pasangan santai dan juga menyehatkan
  9. Mandi lebih lamaScrub badan Bunda untuk meluruhkan kulit-kulit mati.  Kehalusan dan keharuman badan setelah mandi membuat Bunda santai dan senang
  10. Kurangi standar sempurna Bunda.  Idealnya rumah rapih, bersih, terorganisasi dengan baik.  Tetapi jika situasi ini tercapai tapi Bunda jadi harus marah-marah, tidak ada gunanya.  Diingat-ingat apakah Bunda sudah tersenyum atau tertawa hari ini?
  11. Bunda tetap berhubungan dengan teman-teman lama.  Lebih baik lagi juga memiliki teman-teman baru.
  12. Ada saatnya kejenuhan sudah mencapai level setinggi-tingginya.  Pergi lah menyendiri sejenak, menangis sepuas-puasnya.

Hari ini adalah hari ibu.  Mungkin sudah belasan tahun menjadi Bundanya anak-anak tapi rasanya belum saja menjadi Bunda yang sempurna.  Tidak apa-apa, tidak ada orang yang sempurna.  Yang penting adalah menjadi Bunda yang bahagia.  Selamat hari Ibu untuk para Bunda semua.

Pustaka :

  1. http://www.ehow.com/slideshow_12217462_stress-rescue-kit-ways-refresh-revive-restore.html
  2. http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/10/27/4209/7/10-Cara-agar-Ibu-Semakin-Bahagia

Leave a Reply