Sep

29

6 Makanan Bikin Hati Tenang

hati tenangGimana bisa hati tenang jika ananda mau ujian tapi malah sibuk dengan gadgetnya?  Gimana bisa hati tenang setelah mengantar sekian kali latihan keras dan sungguh-sungguh, hari ini adalah saatnya ananda pentas?  Rasanya sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, tapi hati tetap deg-degan di hari H saat tamu-tamu berdatangan untuk acara di rumah.  Atau rasa was-was berkecamuk di kepala, saat anggota keluarga ada yang sakit. Ataupun tidak ada peristiwa penting, tapi kemacetan, pesanan barang telat datang, tiba-tiba lupa tempat menyimpan dokumen penting yang harus diurus hari itu, membuat hari Bunda menjadi kusut. Pastinya Bunda pernah mengalaminya kan? Rasa panik melanda sampai tidak enak makan dan tidak enak tidur.

Sebetulnya ada obat rasa panik ya, Bunda yaitu makan.  Asyiiiik mari kita makan.  Tunggu dulu, ini makan makanan yang sehat ya bukan segala makan makanan enak dilahap.  Yuk kita simak, apa saja makanan yang bikin hati tenang.

 

 

6 Makanan Bikin Hati Tenang

  • Buah-buahan Berry : Buah berry apapun misal strawberry, blueberry ataupun cranberry mengandung vitamin C.  Vitamin C diketahui dapat meredakan stress dan kecemasan.  Sertakan buah-buahan berry dalam menu sarapan, maka Bunda akan merasakan hari yang lebih tenang di hari tersebut.
  • Jeruk :  Jika tidak suka ataupun tidak sempat membeli buah-buahan berry,  jeruk sebagai sumber vitamin C juga bisa menjadi alternatif.  Jeruk adalah buah yang menyegarkan.  Segelas jeruk peras bisa menjadi minuman pilihan agar Bunda bisa tenang.
  • Alpukat : Buah ini dapat membuat hati tenang.  Selain itu alpukat adalah sumber lemak sehat yang luar biasa.  Juga sumber asam folat yang lebih kaya dari sumber makanan yang lain.  Alpukat mengandung glutathion yang dapat memblok penyerapan lemak tertentu dalam usus yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif.  Konsumsi alpukat tidak terbatas pada pembuatan juice dengan penambahan susu dan sirup moka yang dihindari Bunda yang ingin mengontrol berat badan.  Tapi bisa juga jadi salah satu buah yang dipakai pada salad ataupun dipakai sebagai campuran isi sandwich.
  • Kerang : Makanan yang mengandung mineral Zinc dapat menenangkan hati.  Salah satu sumber luar biasa untuk mineral ini adalah kerang. 10 buah kerang dapat mencukupi kebutuhan harian untuk mineral ini.
  • Coklat : Wah, kalau makanan ini Bunda tidak akan menolak ya.  Malah biasanya coklat ini adalah makanan yang biasa dikonsumsi di kala stress.  Tapi biar jarum timbangan tidak bergerak ke kanan, maka Bunda lebih baik pilih coklat hitam.  Perhatikan komposisi pada kemasannya apakah juga mengandung gula.  Tentu saja jumlah coklat yang dikonsumsi sebaiknya dalam batas wajar ya.  Coklat hitam juga dapat menurunkan tekanan darah yang membuat Bunda jadi tenang.
  • Teh camomile : Jika sepanjang hari Bunda dilanda rasa cemas,  Bunda bisa menikmati secangkir teh camomile hangat sebelum tidur.  Bunda dapat mengakhiri hari dengan rasa damai.

Keadaan ataupun situasi di luar kontrol diri kita kadang-kadang terjadi tanpa diharapkan ataupun peristiwa-peristiwa penting silih berganti mewarnai kehidupan.  Semua itu harus dihadapi dengan pikiran dan hati tenang sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar.  Selamat beraktifitas ya, Bunda.

Inspirasi dari : http://www.uncoverdiscover.com
sumber foto : http://www.freeimages.com

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply