Jan

22

7 Benda Penyebab Sakit

benda penyebab sakitKita sudah sering mendengar kuman penyebab sakit dapat menyebar antar manusia melalui barang-barang yang disentuh ataupun dipegang bergantian. Tetapi kita cenderung melakukan pembersihan untuk barang-barang yang terlihat mulai kotor.  Padahal kita perlu juga melakukan pembersihan pada barang-barang yang terlihatnya bersih, tetapi sebetulnya banyak kuman yang bersarang di situ.  Kenapa? Karena banyak digunakan secara bergantian ataupun letaknya berpindah-pindah.  Yuk simak, 7 benda penyebab sakit di sekitar kita ya, Bunda.

 

7 Benda Penyebab Sakit :

  • Telepon : Banyak orang menggunakannya secara bergantian.  Apalagi terjadi kontak dekat dengan mulut sehingga terjadi penyebaran kuman melalui hembusan nafas, batuk ataupun bersin.  Ini juga termasuk dengan telepon selular.  Kenapa?  Bukannya banyak dipakai oleh pemiliknya sendiri? Betul, tetapi telepon selular diletakkan berpindah-pindah mengikuti aktifitas pengguna.  Akibatnya tidak saja penyebaran kuman dari mulut tetapi juga terjadi kontak kuman dengan tempat telepon selular tersebut diletakkan.  Untuk itu telepon harus sering dibersihkan agar kuman tidak berkembang biak dan menjadi penyebab sakit.
  • Komputer yang Dipakai Bersama : Adakah komputer yang dipakai bersama di rumah atau di kantor?  Ini menjadi tempat penyebaran kuman dari satu pengguna ke pengguna yang lain. Bersihkan bagian keyboard maupun mouse dengan produk pembersih barang elektronik secara rutin.
  • Pegangan Pintu Lemari Es : Berapa seringnya lemari es dibuka oleh semua penghuni rumah ataupun pegawai kantor yang memiliki pantry bersama.  Gunakan tissue basah yang mengandung desinfektan untuk menyekanya.  Biarkan mengering dengan sendirinya.  Hal ini juga berlaku untuk tombol pada kompor, pegangan pada lemari dapur ataupun oven.  Pembersihan pada lemari es, kompor maupun lemari dapur secara keseluruhan dengan rutin juga perlu dilakukan ya, Bunda.
  • Mobil : Bagian dalam mobil seperti kemudi, tombol radio dan CD player, tuas persneling dan bagian-bagian lain yang sering disentuh, harus secara rutin diseka dengan larutan desinfektan.  Untuk yang masih memiliki anak kecil, tempat duduk dalam mobil juga harus rutin diseka.  Anak kecil sering memasukkan tangannya di mulut, sehingga ada peluang penyebaran kuman dari tempat duduk ke dalam mulut mereka.
  • Remote Control : Remote control TV maupun AC digunakan bergantian.  Apalagi remote control TV sering dipegang untuk mencari-cari saluran TV yang bagus.  Belum lagi menonton TV sambil ngemil.  Gunakan larutan pembersih produk elektronik.  Gunakan secukupnya.  Jika berlebihan malah larutan menggenang dan menyebabkan tombol remote control tidak berfungsi.
  • Tas Tangan dan Dompet : Tas tangan di bawa kemana-mana saat berpergian bahkan masuk ke dalam bilik toilet.  Sementara dompet disentuh bersamaan dengan uang dan kartu-kartu yang berpindah-pindah tangan.  Lakukan pembersihan rutin pada tas tangan dan dompet.  Tergantung dari jenis bahannya, bisa dengan pembersih desinfektan biasa atau pembersih yang ramah untuk bahan tas tangan atau dompet tersebut.  Untuk bunda yang banyak melakukan kegiatan di luar rumah, pembersihan bisa dilakukan setiap hari.  Untuk tas tangan, gunakan bergantian dengan koleksi tas yang lain.  Jangan lupa lakukan pembersihan sebelum tas disimpan.
  • Pegangan Pintu dan Tombol Lampu : Kontak yang sering dengan kedua benda ini di rumah maupun di kantor, menjadi alasan agar pembersihan dengan larutan desinfektan dilakukan rutin seminggu sekali.  Hal ini untuk mengurangi penyebaran kuman pada anggota keluarga di rumah maupun para karyawan di kantor.

Pencegahan lebih baik daripada mengobati, itu pepatah lama yang akan terus berlaku sampai kapanpun.  Mulai sekarang, Bunda mulai lakukan pembersihan pada benda-benda penyebab sakit ya.  Agar kesehatan Bunda dan seluruh anggota keluarga tetap terjaga.

Sumber Artikel dan Foto : http://thinkingabouthealth.com

Leave a Reply