Nov

4

7 Tips Hindari Kekurangan Cairan Dalam Tubuh

tips-hindari-kekurangan-cairan-dalam-tubuhHawa panas begini, tubuh memerlukan cukup asupan cairan agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh.  Jika tidak dijaga, proses metabolisme tubuh dapat terganggu, badan jadi lemas dan lamban berpikir.  Minum air putih adalah keharusan yang tidak bisa dihindari, tapi seringnya menimbulkan kebosanan.  Makanya timbul produk-produk minuman jus, minuman bersoda, minuman energi, tapi biasanya kandungan gulanya ataupun kandungan lainnya belum tentu bermanfaat bagi konsumennya.

Sementara itu kesadaran untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan dalam tubuh, mulai meningkat.  Manusia tahan hidup tanpa makanan berminggu-minggu sementara tanpa air dengan konsumsi makanan yang mengandung cairan hanya beberapa hari saja. Untuk menjaga tubuh tetap cukup asupan cairan ada beberapa jenis makanan yang dapat mencukupi sebagai variasi dari hanya minum air.  Yuk Bunda simak 7 Tips Hindari Kekurangan Cairan Dalam Tubuh.

7 Tips Hindari Kekurangan Cairan Dalam Tubuh :

  • Seledri :  Batang seledri mengandung 95% air sehingga konsumsi seledri bisa menjadi alternatif untuk asupan cairan.  Sebagai bonus, seledri mengandung Kalium dan vitamin K.  Memang tidak semua orang cocok dengan rasa seledri yang unik.
  • Smoothies : Banyak cara untuk membuat smoothies dan jenis minuman ini dapat memberikan asupan cairan yang diperlukan tubuh.  Bahan yang digunakan bisa berupa buah-buahan ataupun sayur-sayuran.  Smoothies mudah dibuat, peralatan yang diperlukan adalah blender dan sebilah pisau.
  • Mentimun :  Mentimun mengandung 96% air.  Biasanya rasa mentimun lebih enak jika diperoleh dari pemetikan langsung atau dibeli di pasar penampung hasil-hasil pertanian.
  • Air Kelapa : Selain kandungan airnya, air kepala juga merupakan sumber dari Kalium yang baik untuk otot dan dapat mencegah kram.
  • Semangka :  Selain kandungan air sebesar 92%, semangka juga mengandung garam, Kalsium dan Magnesium yang dapat menggantikan fungsi dari minuman olahraga.  Fungsi minuman olahraga adalah mengganti cairan tubuh yang hilang dan sebagai minuman elektrolit.  Semangka juga mengandung vitamin A, C dan K.  Rasa manis dari semangka juga disukai sebagian orang.
  • Strawberry :  Tidak kalah dengan semangka yang juga mengandung 92% air, strawberry adalah buah-buahan berry nomor satu untuk asupan cairan tubuh.  Kandungan serat dan vitamin C-nya menjadikan buah ini enak dan sehat untuk dikonsumsi sebagai alternatif cara menjaga tubuh agar tetap cukup cairan.
  • Kol :  Kandungan airnya yang sebanyak 96% bisa menjadikan jenis sayuran ini menjadi pilihan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan salad.

Jadi 7 jenis buah-buah ataupun sayur-sayuran di atas selain memberikan asupan serat ataupun vitamin dan mineral, juga dapat menjadi alternatif untuk hindari kekurangan cairan dalam tubuh.  Selamat mencegah dehidrasi tubuh ya, Bunda.

Sumber Artikel : http://dailyentertainment.me

Leave a Reply