Dec

4

8 Gejala Pertanda Penyakit Ginjal

penyakit-ginjalMendengar penyakit ginjal, rasanya seram ya.  Untuk itu jika ada gangguan kenyamanan pada tubuh atau malah sudah terasa ada gangguan kesehatan, baiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.  Seperti halnya lever, ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun-racun dan zat-zat yang tidak dikehendaki dari dalam tubuh.  Jika fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik, keadaan kesehatan dapat memburuk yang dapat membahayakan nyawa seperti kondisi infeksi sistemik. Untuk itu menjadi hal kritikal, Bunda harus memperhatikan keluhan yang menjadi pertanda adanya masalah pada ginjal.  Untuk itu yuk Bunda,  simak 8 gejala yang bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan berupa penyakit ginjal :

 

8 Gejala Penyakit Ginjal :

  • Perubahan dalam Berkemih : Urine diketahui digunakan ginjal untuk membilas zat-zat yang tidak dikehendaki di dalam tubuh dan dibuang bersama urine saat berkemih.  Perubahan kebiasaan berkemih seperti lebih sering atau lebih jarang buang air kecil ataupun perubahan jumlah urine yang dibuang bisa menjadi pertanda ada yang tidak benar pada kondisi kesehatan Bunda.  Selain itu juga perubahan warna urine seperti warna yang lebih gelap adalah alasan Bunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.
  • Rasa Sakit Saat Berkemih atau Sulit Berkemih : Keluhan ini bisa menjadi indikasi penyakit ginjal tidak boleh diabaikan. Infeksi saluran kemih biasanya menyebabkan keluhan ini dan biasanya mudah diobati.  Tetapi jika keluhan ini diabaikan, infeksi bisa menjalar ke ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.
  • Darah pada Air Kemih : Adanya darah pada air kemih biasanya cepat menjadi kekhawatiran Bunda.  Ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang ringan,  adanya infeksi atau bahkan telah terbentuknya batu ginjal.  Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Bunda harus segera berkonsultasi ke dokter segera.
  • Pembengkakan pada Anggota Tubuh : Jika ginjal tidak dapat membersihkan darah seperti seharusnya, indikasi awal adalah meningkatnya volume cairan dalam tubuh dengan efek nyata berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, telapak tangan bahkan pada wajah.  Jika diabaikan hal ini dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius.
  • Badan Terasa Dingin : Penyakit ginjal dapat menyebabkan penderita merasa badannya dingin bahkan pada kondisi lingkungan yang panas.  Kadang juga disertai dengan demam yang menjadi pertanda tubuh sedang berperang melawan infeksi.
  • Rasa Logam pada Mulut dan Napas Bau Amonia : Akibat ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, maka kadar urea dalam darah akan meningkat.  Urea yang berlebihan dalam aliran darah akan bereaksi dengan air ludah dalam mulut dan menyebabkan rasa logam pada mulut dan napas bau amonia.
  • Masalah Pernapasan : Peningkatan volume cairan dalam tubuh bisa terkumpul dalam paru-paru dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang menyerupai gejala pneumonia dan infeksi paru-paru. Gangguan pada paru-paru ini dapat menyebabkan anemia karena tidak semua oksigen yang diperlukan dapat diantarkan ke aliran darah oleh paru-paru.
  • Nyeri Punggung dan Sisi Badan : Ketidaknyamanan akibat rasa sakit pada punggung bawah lokasi ginjal terletak  yang menyebar pada bagian lain pada tubuh biasanya menjadi perhatian penderita. Bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius tapi biasanya disebabkan telah terbentuknya batu ginjal yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.  Masalah batu ginjal ini termasuk mudah diobati.

Ternyata gejala-gejala yang terlihat umum seperti nyeri punggung, badan terasa dingin, bisa menjadi indikasi  keluhan ini adalah gejala penyakit ginjal.  Untuk itu ada baiknya keluhan kesehatan dicermati apakah dapat diobati sendiri atau perlu penanganan lebih lanjut dari dokter.

Sumber artikel : http://thinkingabouthealth.com

Leave a Reply