Aug

28

9 Tips Liburan Bersama Anak

liburan bersama anakDengan pertimbangan tertentu, kadang pergi liburan bersama anak dalam grup wisata yang ditawarkan agen perjalanan bisa menjadi pilihan.  Yang harus menjadi perhatian adalah biasanya jadwal hariannya ketat agar semua tujuan liburan sesuai paket liburan dapat semua dikunjungi. Agar perjalanan liburan menjadi nyaman, harus dipastikan peserta tetap sehat.  Demikian juga dengan anak, jika anak juga turut serta dalam liburan dengan grup wisata.

Tidak hanya sehat, anak juga harus merasa nyaman dan menikmati perjalanan liburan.  Untuk itu diperlukan beberapa tips agar anak tidak sakit dan tidak rewel.  Apa saja tips-tipsnya?  Yuk kita simak.

 

9 Tips Liburan Bersama Anak Dalam Grup Wisata :

  1. Berikan Pemahaman Tentang Grup Wisata :  Jika ini pertama kali anak ikut dalam liburan berombongan, berikan pemahaman sebelum berangkat.  Misalkan jadwal diatur oleh pramuwisata dan biasanya berangkat pagi dan pulang malam, untuk itu anak harus cepat tidur dan cepat bangun.  Lebih baik tidur daripada menonton TV.  Restoran tempat makan juga dipilih oleh pramuwisata maka anak harus mau makan agar tidak sakit.
  2. Siapkan Obat dan Vitamin yang Diperlukan : Coba ingat-ingat pada liburan-liburan terdahulu,  anak pernah mengalami gangguan kesehatan apa.  Apa penyebabnya, apa obatnya dan apa pencegahannya.  Jangan lupa kartu asuransi kesehatan tetap dibawa.  Berikan pemahaman kepada anak agar mau bekerja sama untuk tetap sehat.  Liburan akan nyaman jika sehat selama liburan.
  3. Siapkan Bekal Snack Banyak Serat : Siapkan snack banyak serat misalkan mengandung kacang kedelai ataupun havermout untuk asupan serat dan makanan selingan di antara waktu makan.
  4. Pelajari Urutan Jadwal Perjalanan Bersama Anak :  Lebih baik lagi jika anak diikut sertakan dalam pemilihan paket liburan yang akan diambil.  Ajak anak bersama-sama browsing tujuan area liburan.
  5. Siapkan Baju dan Perlengkapan yang Sesuai : Area liburan yang dituju bisa outdoor ataupun indoor.  Cek juga cuaca dan kemungkinan hujan.  Apakah diperlukan membawa payung.  Paling tidak topi lebar dapat melindunginya dari terik sinar matahari. Untuk anak, siapkan dua baju cadangan berupa t-shirt katun berlengan panjang.  Pastikan kenakan alas kaki yang nyaman misalnya sepatu olahraga kasual dan gunakan kaos kaki untuk mencegah kaki kering dan tetap hangat.
  6. Bawa Benda Kesayangan Anak Ukuran Kecil : Biar bagaimanapun jadwal yang ketat, kelelahan dan area liburan yang tidak semua menarik minat anak dapat membuat mood anak menjadi buruk.  Biarkan dia memilih benda kesayangannya seperti mainan yang mudah dibawa sebagai senjata pamungkas saat anak mulai cemberut.  Jika anak suka membuat foto, bawakan kamera yang khusus dia pakai dan boleh dimasukkan ke dalam tas slempangnya.
  7. Minta Anak Membuat Daftar Belanja :  Tujuan liburan biasanya juga termasuk area belanja. Pastikan perut anak terisi saat mulai belanja.  Tidak hanya orang tua yang siap dengan daftar belanja, tetapi anak juga agar dia senang.  Adanya daftar belanja membuat aktifitas belanja menjadi efektif karena tahu yang ingin dibeli dan menghemat tenaga tidak habis berkeliling tidak tahu mau beli apa.  Sempatkan browsing sebelum pergi, oleh-oleh apa yang cocok dibeli di area belanja tertentu.
  8. Gunakan Tas yang Praktis :  Untuk menyimpan dompet, paspor maupun handphone gunakan tas slempang yang tergantung di bagian depan badan untuk mencegah tangan jahil pencopet.  Untuk area liburan outdoor, bawa 1 tas kantong tahan air berisi topi, air minum, bekal snack, tissue basah dan jika perlu payung. Untuk area belanja, bawa 1 tas dengan restleting sehingga kantong belanja bisa dimuat dalam tas. Ini agar belanjaan tidak tercecer dan perhatian orang tua tetap pada anak dan keamanan tas slempang.  Pastikan minimal 1 tangan bebas untuk menggandeng anak.
  9. Ada Batas Stamina Anak :  Saat anak bilang lelah, segera cari tempat teduh agar anak beristirahat.  Tanyakan dia apakah mau makan bekal snack atau mau mencoba makanan ringan khas yang dijual atau bahkan mau makan makanan berat.  Isi perutnya dan hibur dengan gurauan yang biasanya membuat dia tertawa.  Jika anak terbiasa minum susu sehari-hari.  Beli susu UHT di minimarket setempat.  Cukup 1 botol diminum sebelum tidur malam agar tidur lebih nyenyak dan mudah buang besar saat bangun pagi.

Liburan dengan grup wisata memang cukup melelahkan akibat jadwal harian yang ketat.  Walaupun lelah, liburan akan tetap menyenangkan jika selama liburan bersama anak, orang tua dan anak tetaplah sehat. Selamat berlibur ya, Bunda dan putra putri tercinta.

 


Leave a Reply