Dec

28

Aduh Susah Ya Minum 8 Gelas Air Sehari

minum-delapan-gelas-air-per-hari   Minum 8 gelas air sehari?  Iya sih harus, tapi susah. Walaupun tahu minum cukup air baik untuk pembakaran lemak, kulit lebih sehat, extra energi, pencernaan lebih baik tapi ya cuma berhenti sampai niat saja. Lalu ada tipsnya tidak sih biar bisa minum 8 gelas air sehari jadi kebiasaan?

Menurut sparkpeople.com, ada 11 tips untuk memotivasi kebiasaan minum 8 gelas air sehari.  Apa saja 11 tip itu?

1. Coba minuman yang enak diminum

Untuk penyuka kopi dan teh, sambil menunggu kopi dan teh disiapkan, minumlah segelas air yang ditambah sedikit perasan jeruk lemon.  Minumlah segelas air

hangat setelah minum satu dua cangkir kopi.  Saat dingin, segelar air hangat membuat badan terasa lebih nyaman.

2. Miliki botol minum favorit

Botol minum favorit bisa dengan warna kesukaan, desain unik, ditempel stiker inspiratif ataupun diberi tulisan dengan spidol permanen.  Dibuat sedemikian sehingga rasanya tidak bisa berpisah dengan botol minum itu.  Dan saat botol itu kosong, segeralah isi ulang.

3. Gunakan sedotan

Supaya tidak terbebani dengan minum banyak air, minumlah dengan santai dengan bantuan sedotan.  Botol minum yang dilengkapi dengan sedotan tersedia di supermarket terdekat.

4. Pilih merek air mineral

Masing-masing merek air mineral, walaupun sama-sama air tetapi mempunyai rasa ‘khas’ tertentu.  Pilihlah merek air mineral yang membuat Anda menikmati minum air.

5. Sediakan botol minum di tempat yang terjangkau

Sediakan sebotol air minum di dekat tempat duduk  di mobil, di dekat meja kerja ataupun di tas olahraga Anda.

6. Saat konsumsi vitamin, terpaksa minum air

Buatlah minuman bervitamin racikan Anda sendiri.  Sekarang tersedia vitamin dalam bentuk bubuk, lalu campur dengan segelar air.  Atau jika Anda lebih suka vitamin dalam bentuk tablet, biasakan telan tablet itu dengan bantuan segelas air setiap jadwal minum vitamin

7. Isi gelas minum dengan air saat makan bersama di meja makan

Saat tata meja untuk makan bersama, isilah setiap gelas dengan air.  Tidak usah terburu-buru meminumnya.  Minumlah sedikit demi sedikit saat makan, tidak terasa Anda telah menghabiskan segelas air

8. Sering minum segelas air saat pesta

Minumlah segelas air di antara saat makan ragam makanan di dalam pesta.  Boleh saja minum segelas soda tapi tetap kombinasikan dengan asupan air.  Ini juga dapat mencegah Anda makan dan minum berlebihan saat berpesta.

9. Saat pesan makanan di restoran, minumlah air

Biasanya kita memerlukan waktu dan kompromi untuk memilih jenis dan jumlah menu saat makan di restoran.  Mintalah sebotol air mineral untuk Anda minum sebagian saat pilah pilih menu.

10. Segelas air pada setiap kegiatan rutin Anda

Suka berendam lama di bath tub, sediakan sebotol air mineral di bibir bath tub.  Senang berolahraga, siapkan sebotol air mineral di dekat Anda.  Letakkan segelas air di atas laci di samping tempat tidur Anda, minumlah sebelum dibuai mimpi indah.

11. Minumlah “air istimewa” setelah berolahraga

Setelah selesai berolahraga, nikmati waktu melepas lelah dengan segelas air yang dihiasi potongan jeruk di pinggir gelas ataupun segelas air dengan flavor buah, bisa juga minum air mineral dari botol yang unik.

Coba 2 tip di minggu pertama, lalu tambahkan 1 tip di setiap minggu berikutnya.

Jadikanlah  salah satu resolusi untuk tahun 2012 : Mampu minum 8 gelas air sehari.  Selamat Tahun Baru 2012.  Semoga selalu sehat dan bugar.

Referensi : http://www.sparkpeople.com/resource/nutrition_articles.asp?id=1014&page=2.  Diperoleh 27 Desember 2011.

 

 

 

 

 

 


2 Responses to “Aduh Susah Ya Minum 8 Gelas Air Sehari”

  1. Brokoli Saus Keju Nanas | hari-hari-bunda.com Says:

    [...] berbuka puasa, tidak langsung    mengkonsumsi makanan utama.  Batalkan puasa dengan dua gelas air putih setelah 14 jam tidak minum.  Setelah itu kudap beberapa buah kurma sebelum melaksanakan sholat [...]

  2. Tips Agar Anak-anak Tetap Bugar Dan Gembira | Sehat Itu Mahal Says:

    [...] Kunjungi gelanggang olahraga.  Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk mencoba peralatan di sana, atau mencoba panjat tebing [...]

Leave a Reply