Mar

21

Ajak Anak Belajar Menari

belajar menariAnak perempuan biasanya tertarik untuk belajar menari.  Saat dia minta untuk belajar menari, ikutkan dia ke kelas menari dengan jenis tarian yang disukainya. Ada yang menyukai tarian Bali, Jawa, Aceh dan daerah lain.  Ada juga yang menyukai tari balet.

Apapun jenis tariannya, ternyata belajar menari memiliki banyak manfaat untuk anak.  Tidak hanya untuk menyalurkan keinginan bergerak dengan iringan musik.  Manfaatnya apa saja ya?

 

MANFAAT BELAJAR MENARI

1. Menstimulasi motorik halus dan kontrol gerakan tubuh dengan ritme yang teratur.  Baik untuk keseimbangan, sikap tubuh, dan koordinasi

2. Menstimulasi perkembangan otak

3. Menstimulasi kecerdasan emosi

4. Selama menari, anak-anak akan bergerak dengan riang, berinteraksi dengan sesama penari, menghayati koreografi tarian yang akan menstimulasi rasa percaya diri

5.  Ada urutan gerakan tarian yang perlu diingat dengan penanda nada dari lagu yang mengiringi.  Hal ini menstimulasi daya ingat anak.

6. Belajar menari dapat menghindari anak dari kegemukan karena anak jadi suka bergerak saat pelajaran menari maupun di kala senggang menari-nari dengan iringan lagu yang didendangkan sendiri.

7.  Stimulasi terhadap perkembangan otak, kecerdasan emosi dan daya ingat anak berakibat positif untuk prestasi di sekolah

KAPAN BELAJAR MENARI

Ada jenis tarian yang menganjurkan usia minimal belajar tarian tersebut.  Misalnya tarian balet. Ada jenis tarian yang sifatnya untuk rekreasi dan tidak ada umur telat untuk memulai. Semakin muda belajar menari, maka makin mudah untuk mengembangkan kelenturan dan kelincahan gerak.

BELAJAR MENARI APA

Biasanya anak-anak sudah memiliki ketertarikan jenis tarian yang ingin dipelajarinya.  Atau jika dia masih ragu ajaklah untuk melihat-lihat di buku atau berselancar di internet untuk melihat gerakan dan lagu pengiring jenis apa yang membuat dia senang.

Jika sudah menentukan jenis tarian, carilah sanggar atau sekolah menari yang berlokasi dekat rumah.  Cari info dari ibu-ibu yang memiliki anak sebaya, bisa saja mereka memiliki info-info tambahan. Sebelum memutuskan pilihan, ikutkan anak pada kelas percobaan sehingga dia dapat merasakan apakah dia nyaman dengan jenis tarian, guru dan lingkungan sanggar atau sekolah menarinya.

Makin serius tempat les menari, biasanya diperlukan tingkat keseriusan anak yang lebih tinggi.  Beberapa tempat les tidak hanya sekedar tempat les tetapi memang sekolah menari yang memiliki kurikulum. Ujian dan pentas di gedung kesenian diadakan berkala.  Biarkan anak memutuskan apakah dia nyaman dengan standard belajar menari tempat dia belajar.  Untuk anak yang memang memiliki minat tinggi, tidak ada kata lelah menjalani latihan-latihan demi latihan walaupun frekuensi latihan ditambah.  Untuk beberapa anak yang lain mungkin memilih jenis tarian yang lain yang lebih bersifat rekreasi.

Kepenatan anak-anak menghadapi kurikulum yang padat di sekolah setiap hari harus diimbangi dengan kegiatan di saat senggang yang dapat membuat anak-anak menjadi santai dan riang.  Belajar menari di luar sekolah tidak hanya pengisi waktu senggang, tetapi ternyata juga menstimulasi kecerdasan dan membantu pencapaian prestasi yang lebih baik di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply