Oct

30

Ajarkan Anak Remaja Kelola Uang

Hari Keuangan 30 Oktober

mengajarkan-anak-remaja-untuk-mengelola-uangHari ini adalah hari keuangan 30 Oktober, tidak ada salahnya kalau kita mengamalkannya dalam lingkup kecil, misalnya keluarga. Bagaimana caranya? Bisa dengan mengevaluasi cara mendidik remaja untuk  menghargai uang dan memanfaatkan sebaik-baiknya.

Remaja Pandai Kelola Uang

Mengajarkan anak remaja untuk mengelola uang saku bulanan adalah langkah awal.  Dimana sedari kecil, mereka telah diberi pengetahuan sederhana dan pengetahuan tentang uang dan menghitungnya.

Kenapa harus orang tua yang mengajarkan anak remaja untuk mengelola uang? Karena biasanya para remaja lebih mengikuti pola pikir dan kebiasaan orang tuanya dalam masalah keuangan. Jadi kesimpulannya, orang tualah yang paling

mempengaruhi remaja dalam mengatur uang sehingga orang tua wajib mengajari anaknya mengelola uang dengan efektif, menabung dan berinvestasi dengan penuh tanggung jawab.

Agar orang tua sukses dalam mengajarkan anak remaja untuk mengelola uang saku bulanan, maka orang tua harus memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Berikan contoh dan teladan pada remaja dalam menyikapi masalah uang.  Misalnya teladani sikap orang tua yang terencana dalam melakukan pengeluaran.  Tunjukkan orang tua selalu melunasi semua tagihan kartu kredit.  Tunjukkan pengeluaran apa saja yang dibayar dengan kartu kredit dan jelaskan pengeluaran tersebut termasuk pengeluaran terencana, kartu kredit hanya sebagai alat pembayaran saja.
  2. Ajarkan pada remaja bagaimana caranya mengatur uangnya sendiri.  Kenalkan dengan sistem amplop.  Misalnya amplop pos transportasi, pos jajan, pos week-end.  Biasakan remaja untuk menabung segera setelah menerima uang saku.  Ajak remaja untuk membuka tabungan atas namanya sendiri di bank.  Ajarkan bagaimana penggunaan kartu ATM yang bijak.  Uang yang diambil melalui mesin ATM ataupun pembayaran dengan debit adalah pengeluaran yang telah direncanakan.
  3. Mengajarkan pada remaja tentang bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini bertujuan agar remaja bisa lebih mengendalikan diri dalam membelanjakan uang sakunya.  Jika remaja memiliki keinginan untuk memiliki barang dengan harga yang lumayan, diskusikan dan timbang-timbang kebutuhan versus keinginan.  Jika memang barang tersebut layak untuk dimiliki, sepakati berapa kontribusi yang dia bisa sumbangkan dan berapa lama kontribusi tersebut dapat terkumpul.
  4. Kenalkan remaja dengan investasi agar mereka semakin termotivasi untuk cermat mengelola uang sakunya.  Misalnya uang tabungan ataupun uang lebaran yang terkumpul bisa dibelikan logam mulia dalam gram kecil ataupun reksadana.
  5. Jika remaja memiliki ketertarikan untuk berbisnis kecil-kecilan.  Bimbinglah untuk mencari produk yang mudah dibawa ke sekolah dan fast moving misalnya makanan camilan, pulsa, alat tulis,  jenis mainan yang sedang ‘happening’ ataupun permen.  Ajarkan tentang modal dan keuntungan.  Pastikan bisnisnya tidak mengganggu konsentrasi belajar. Dan ajarkan menjadi pebisnis yang handal.

Remaja adalah cikal bakal orang dewasa dan kelak menjadi orang tua yang harus menafkahi ataupun mengelola keuangan keluarga.   Dengan kebiasaan untuk tertib dalam mengelola keuangan dan secara bertahap diajarkan cara untuk melakukan perencanaan keuangan, dapat diharapkan keluarga sejahtera yang akan dibinanya di masa depannya.  Aamiin YRA.

Pustaka :

http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/03/03/2861/9/Ajarkan_Remaja_Kelola_Keuangan_Sendiri


One Response to “Ajarkan Anak Remaja Kelola Uang”

  1. URL Says:

    … [Trackback]…

    [...] Read More: hari-hari-bunda.com/ajarkan-anak-remaja-kelola-uang.html [...]…

Leave a Reply