Dec

30

Apa Sih Istimewanya Singapore Zoo?

singapore-zoojpg-wisatasingapurasg   Akhir minggu yang panjang pada mau ke mana nih?  Pada mau ke Singapore yaa? Setelah sekian kali ke Singapore, sempat wisata ke Singapore Zoo tidak? Atau lebih senang berbelanja di pusat perbelanjaan dan wisata ke Universal Studio?

Apa sih istimewanya Singapore Zoo? Bukannya kebun binatang di mana-mana sama saja? Melihat-lihat berbagai jenis binatang yang berdiam di kandang/tempat yang sesuai dengan habitatnya. Tunggu dulu, ini lain lho.

Di Singapore Zoo, Anda dan keluarga bisa menjelajahi kebun binatang yang sangat terawat dengan pohon-pohon rindangnya.  Ada lebih 3000 binatang dan petualangan ekologi menanti.  Menyusuri jalan-jalan yang teduh sambil

memperhatikan binatang-binatang itu menikmati hari-harinya di sana seolah-olah mereka memang berada di habitat aslinya di alam bebas. Hampir di setiap habitat hewan, ada info pengetahuan yang disajikan dengan sangat menarik bisa berupa foto, slide ataupun alat peraga yang mengundang rasa ingin tahu anak-anak maupun dewasa.

Atraksi-atraksi yang dapat dikunjungi adalah Heavyweights in Action (Gajah Asia), Critters & Crawlies Unite (ekosistem hutan tropis), Swing on Over (arena Orang Utan), Monkey-ing Around (komunitas lebih dari 70 ekor baboon), Where Kidz Rule (tempat bermain anak-anak basah dan kering) dan Hop Down Under (fauna Australia).  Terdapat beberapa pertunjukan seperti Rainforest Fights Back (hewan-hewan jagoan menyelamatkan hutan tropis tempat mereka tinggal), Elephant at Work & Play, Animal Friends Show dan Splash Safari (safari bersama singa laut).

Area seluas 28 hektar ini dapat dijelajahi dengan berjalan kaki, naik kereta satu kuda beroda empat, kereta, kapal penumpang ataupun menunggang gajah, kuda tunggang dan kuda poni.

Jika Anda dan keluarga memiliki waktu cukup untuk datang pagi dan sarapan di sana. Nikmati sarapan tak terlupakan di Ah Meng Restauran ditemani gajah, orang utan dan binatang-binatang jawara lainnya.  Pilihan lain untuk mengisi perut sepanjang hari bisa di Pizzasafari dan KFC Restauran.  Lepaskan dahaga dengan menikmati dinginnya es krim, sorbet dan susu kocok di Ben & Jerry’s.

Hal yang mengharukan sebagai negara yang tidak memiliki kekayaan sumber daya alam, mereka memiliki  tiga institusi pengumpul dana untuk konservasi/cagar alam yang bertempat di Jurong Bird Park, Night Safari dan Singapore Zoo.  Institusi ini memegang peranan penting untuk melakukan begitu banyak kegiatan konservasi selama bertahun-tahun.  Tujuan utama badan ini adalah melakukan konservasi untuk hewan-hewan yang terancam punah.

Kebun binatang ini dirancang dengan konsep yang kuat sebagai tujuan wisata sekaligus sebagai wahana pendidikan dan kepedulian terhadap alam.

Agar kenangan indah berwisata di Singapore Zoo tidak terlupakan, belilah cendramata di toko oleh-oleh di sana.

Selamat jalan-jalan ya.  Raih pikiran dan badan segar untuk menyongsong Tahun Baru 2012.  Selamat Tahun Baru 2012 ya.

Referensi :

YourSingapore.com. Diperoleh 29 Desember 2011.

Sumber photo : wisatasingapura.sg. Diperoleh 29 Desember 2011

 

 


Leave a Reply