Sep

24

Bunda, Kenali 10 Gejala Depresi

gejala depresiPercaya tidak percaya, setiap 30 detik, seseorang di suatu tempat melakukan bunuh diri akibat depresi.  Belum hilang rasa kaget dan tidak percaya kita, Robin Williams, seorang aktor dengan bakat luar biasa, yang selalu tersenyum dengan senyumannya yang begitu khas dan disukai oleh banyak penggemar di seluruh dunia, ternyata menyerah pada depresi dan memutuskan untuk bunuh diri.  Padahal karirnya masih berada di puncak, dilihat tidak hanya 1 film yang akan tayang maupun yang akan diproduksi.  Di muka publik sepertinya Robin tidak menunjukkan gejala depresi.

 

Kehidupan rutin disertai dengan stress di dalam pekerjaan, atau dalam kehidupan berkeluarga ataupun dalam tekanan kehidupan yang lain seperti perjalanan sehari-hari yang macet, biaya hidup yang terus meningkat, terjadinya perubahan hubungan komunikasi dengan orang-orang tercinta, kerabat ataupun teman-teman bisa saja tanpa disadari menimbulkan depresi.  Depresi jika tidak dikenali dan tidak diatasi bisa saja menyebabkan penderita mengambil keputusan yang fatal yaitu dengan sengaja mengakhiri kehidupannya.  Untuk itu yuk kenali 10 gejala depresi.

 

 

 

Kenali 10 Gejala Depresi :

  • Malas melakukan apapun : Penderita depresi rasanya malas melakukan apapun. Untuk bangkit dari tempat tidur setiap pagi adalah sesuatu perjuangan yang keras.  Jika Bunda merasa waktu yang dinanti-nanti adalah waktu tidur, karena bisa tidur dan bisa menghindar dari rasa sedih maka ini bisa jadi gejala depresi.
  • Patah semangat : Penderita tidak dapat membayangkan hal-hal yang baik dapat terjadi di masa depan.
  • Sering menangis : Tidak semua penderita bisa menangis.  Yang bisa menangis akan sering menangis.  Tapi ada yang demikian depresinya sehingga tidak mampu menangis.
  • Kecemasan : Kecemasan yang berkepanjangan adalah pembuka jalan menjadi depresi.  Rasa cemas yang terus berlanjut menyebabkan keadaan depresi makin memburuk.
  • Masalah tidur : Pola tidur yang tidak wajar bisa menjadi indikasi depresi.  Bisa susah tidur atau kuantitas jam tidur berlebihan. Penderita depresi sering menjadikan tidur sebagai pelarian.
  • Masalah fokus dan konsentrasi : Depresi menyebabkan penderita susah fokus untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu.  Penderita merasa sulit untuk berkonsentrasi pada tugas harian seperti membaca dan menggunakan komputer.
  • Perubahan berat badan yang banyak : Depresi bisa menyebabkan dua reaksi yang berbeda.  Yang satu ingin menenangkan perasaan dengan makan dan makan terus.  Sementara ada yang merasa nafsu makannya hilang.  Kecemasan biasanya berkaitan dengan penurunan berat badan akibat pikiran yang tidak pernah tenang sehingga menguras energi tubuh.
  • Mudah tersinggung : Penderita menjadi defensif untuk keadaan ataupun situasi yang menurut dia mengganggu.  Depresi biasanya berkaitan dengan kepercayaan diri yang rendah dan menjadi kritis terhadap orang lain.
  • Hilang keinginan untuk bermesraan dengan pasangan : Depresi berakibat malas melakukan apa-apa demikian juga untuk hal-hal yang bersifat emosional misalnya bermesraan dengan pasangan.
  • Keinginan bunuh diri : Untuk yang menderita depresi berat, penderita merasa rasa tertekan tersebut tidak akan pernah berakhir.  Penderita merasa terjebak dan tidak bisa membebaskan diri.  Agar bisa terbebaskan, penderita ingin untuk bebas secara total dengan mengakhiri hidupnya.  Keinginan ini tidak boleh diabaikan dan penderita harus diberi pertolongan segera oleh ahlinya.

Jika Bunda menemukan gejala-gejala depresi ini pada diri Bunda ataupun pada orang-orang di sekeliling Bunda, segeralah berkonsultasi pada ahlinya.  Jangan dibiarkan berlanjut.  Selamat menjaga kesehatan ya, Bunda.

 

sumber artikel : http://oddorwhat.com

 


One Response to “Bunda, Kenali 10 Gejala Depresi”

  1. 6 Tips Mengatasi Depresi » hari-hari-bunda.com Says:

    […] Mengatasi Depresi terdengarnya seperti serius sekali ya. Depresi ada 2 macam yaitu depresi akibat rutinitas dan depresi klinis.  Depresi klinis adalah depresi dalam tingkat lebih serius dan memerlukan penanganan ahli profesional. Perbedaan dari kedua jenis depresi ini adalah lamanya depresi melanda dan kualitas perasaan negatif yang melanda Bunda.  Untuk yang mengalami depresi dalam tingkat lebih lanjut, kejadian yang menyenangkan tidak dapat mengubah perasaan sedih ataupun membangkitkan semangat.  Dan biasanya perasaan yang negatif ini dirasakan pada pagi hari daripada malam hari.  Hal ini berbeda untuk depresi yang lebih ringan, dimana mood yang tidak enak menjadi hilang pada pagi hari setelah tidur semalaman.  Yuk Bunda simak 6 Tips Mengatasi Depresi ini, siapa tahu perasaan dan pikiran negatif Bunda hanyalah mood tidak enak saja atau biasa disebut moody atau galau. […]

Leave a Reply