Aug

27

4 Tips Anggaran Pengeluaran Keluarga

Semmembuat anggaran pengeluaran keluargaakin hari harga-harga kebutuhan dan biaya pengeluaran rutin naik sementara kenaikan pemasukan keuangan tidak memiliki kecepatan kenaikan yang sama.  Niatnya membuat anggaran pengeluaran keluarga, tetapi hanya tinggal niat saja.  Padahal anggaran pengeluaran keluarga dapat membantu pengelolaan keuangan keluarga dan pencapaian tujuan keuangan.

4 Tips Anggaran Pengeluaran Keluarga :

  • Pahami Tujuan

Tujuan membuat anggaran pengeluaran keluarga adalah agar Bunda dapat mengelola keuangan keluarga dengan baik.  Apakah saat ini situasi keuangan baik-baik saja ataupun bocor sana sini, hasil akhirnya adalah anggaran keluarga yang terencana akan membantu pencapaian tujuan keuangan keluarga.

  • Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Minimal catat pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan.  Perlu menyisihkan waktu beberapa kali dalam sehari untuk mencatat.  Tetapi dengan cara ini bunda tahu kemana saja pengeluaran selama sebulan.  Jika pemasukan bisa terjadi lebih dari sekali dalam sebulan, jadi bisa tercatat juga.  Ada jenis-jenis pengeluaran yang tidak setiap bulan, hitung rata-rata dalam sebulan.  Demikian pula jika pemasukan berfluktuasi sepanjang tahun, lakukan hal yang sama.

  • Semua Pengeluaran Tanpa Terkecuali

Coba diingat sepulang kerja kadangkala mampir ke kedai kopi atau membeli snack untuk ngemil saat perjalanan pulang ke rumah.  Hitung saja jika Rp. 40.000,- setiap kali mampir, jika dua kali seminggu berarti dalam sebulan sudah Rp. 320.000,- Belum tiket parkir saat mampir.  Selain itu pengeluaran seperti cuci mobil, dry clean, saweran kado teman kantor, oleh-oleh ice cream untuk anak-anak.  Kadang-kadang Bunda merasa dompetnya berlubang, uang entah habis kemana.

Pencatatatan dilakukan tanpa terkecuali sehingga saat mengevaluasi Bunda bisa menghilangkan atau mengganti pengeluaran tertentu agar pemasukan dapat mencukupi pengeluaran sebulan.

  • Anggaran Pengeluaran Keluarga

Saanya mengevaluasi.  Jika pemasukan lebih besar dari pegeluaran, anggaran digunakan sebagai alat untuk memonitor pengeluaran dan memastikan tujuan keuangan tercapai melalui pengeluaran yang bersifat menabung berkala ataupun investasi.  Sedangkan jika sebaliknya, Bunda perlu menyeleksi jenis-jenis pengeluaran seperti belanja pakaian, makan di luar, pergi saat week end.  Pengeluaran mana yang harus dikurangi atau ditiadakan.

Pengeluaran secara disiplin berdasarkan anggaran bisa jadi baru terlaksana dengan baik dalam beberapa bulan setelah evaluasi pemasukan dan pengeluaran.  Intinya dengan adanya anggaran pengeluaran keluarga,  Bunda bisa mengelola keuangan keluarga lebih baik.  Tahu pasti dari mana dan kemana uang datang dan pergi.  Serta tujuan keuangan keluarga dapat tercapai

 

disarikan dari Beth Miller http://www.momadvice.com/money/budgeting_basics.aspx

 

 

 


Leave a Reply