Mar

17

Enam Alternatif Tanaman untuk Halaman Mungil

enam-alternatif-tanaman-untuk-halaman-mungilBercocok tanam merupakan salah satu hobi yang digemari Bunda.   Selain bisa jadi kegiatan me time, halaman juga terlihat asri dan tertata rapih.  Keterbatasan lahan halaman rumah tidak perlu menjadi masalah. Pilihan paduan jenis tanaman bunga dan tanaman daun bisa menjadi solusi tanaman untuk halaman mungil.

Enam Tanaman Untuk Halaman Mungil

1. Bunga Mawar
Menanam bunga mawar bisa dilakukan di dalam pot.  Bunda bisa menyediakan meja kecil yang tersusun seperti anak tangga untuk meletakkan pot-pot berisi tanaman bunga mawar.

2. Bunga Lily
Bunga Lily atau Lilium sangat mudah tumbuh di mana saja terutama di tempat yang memiliki udara dingin yang sejuk. Bunga yang memiliki khasiat menyembuhkan luka ini membutuhkan sedikit udara lembab dan sedikit asam tanah. Bunga Lily pada umumnya lebih cocok dengan keadaan kering dibanding dengan tanaman bunga potong lainnya. Tapi bila terlalu kering, bunga Lily akan menjadi kuning dan kering. Untuk itu memerlukan penyiraman yang secukupnya sampai tanah cukup lembab.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya atau Aloe Vera bisa menambah cantik halaman mungil Bunda. Selain menambah keindahan, lidah buaya bisa berfungsi untuk pembersih udara, mengobati berbagai penyakit seperti bisul, lecer-lecet pada kulit, rambut rontok, wasir dan radang tenggorokan.

4. Bunga Krisan
Menanam bunga krisan tidak memerlukan perawatan khusus. Bunda bisa menanamnya di pot dengan ukuran sedang. Bunga krisan mampu menyerap zat benzene yang terdapat pada tembakau. Jadi, apabila di rumah Bunda ada perokok maka bunga krisan sangat tepat untuk ditanam di halaman mungil Bunda.

5. Sirih Merah
Tanaman dengan nama latin Piper Crocatum ini merupakan tanaman asli Indonesia yang dijadikan tanaman hias. Tanaman yang merambat ini tidak akan makan banyak lahan.  Bunda bisa menanamnya di pot dengan menancapkan satu batang kayu kecil sebagai penyangganya. Tanaman yang masuk dalam keluarga piperaceae ini juga memiliki khasiat seperti menurunkan kolesterol dan mencegah stroke

6. Anthurium
Jenis tanaman hias yang pernah menjadi primadona ini bisa ditanam di halaman mungil.  Tanaman ini tidak mengenal musim. Biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel pada batang pohon. Daya tarik utama tanaman ini adalah bentuk daunnya yang indah, unik dan bervariasi.

Alternatif enam tanaman untuk halaman mungil Bunda di atas bisa sebagai penghias dan sekaligus tanaman obat.  Halaman mungil indah dan berkhasiat.


Leave a Reply