Nov

11

Kenapa Ya Bunda Cepat Lelah?

badan cepat lelahRutinitas masih sama, tapi kenapa sebulan terakhir ini Bunda cepat lelah ya?  Rasanya badan lelah, kurang berenergi padahal rasanya cukup beristirahat.  Kelelahan ini bisa kelelahan fisik maupun kelelahan pikiran.

Kelelahan fisik ditandai keleluasaan gerak berkurang tidak seperti biasanya.  Rasanya begitu lelah saat naik tangga yang sudah setiap hari dilakukan ataupun mengangkat kantong belanjaan yang setiap week end dilakukan.  Sementara kelelahan pikiran ditandai dengan konsentrasi yang menurun.  Bahkan jika kelelahan tidak diatasi,  Bunda jadi malas bangkit dari tempat tidur setiap pagi, dan enggan untuk melakukan kegiatan rutin harian.

Gejala Kelelahan :

Kelelahan itu tidak hanya berupa badan lelah ataupun pegal-pegal.  Gejalanya bisa sangat luas seperti : rasa lelah berkepanjangan,  rasa ngantuk yang terus menerus di luar jam tidur, sakit kepala,  otot sakit, kurang bertenaga, respon lambat, ketidak mampuan untuk mengambil keputusan,  mudah tersinggung, koordinasi tangan dan mata yang menurun, kehilangan nafsu makan, kekebalan tubuh menurun, ketajaman mata menurun, daya ingat untuk memori jangka pendek menurun, konsentrasi menurun,  halusinasi dan motivasi menurun.

 

4 Penyebab Bunda Cepat Lelah :

  • Adanya masalah kesehatan seperti gejala flu, anemia, masalah kualitas tidur, kelelahan yang dibiarkan berlarut-larut, efek dari pengobatan yang sedang dilakukan dan bisa juga dari bagian dari gejala penyakit pada organ dalam tubuh.
  • Gaya hidup : Kurang tidur, kebanyakan tidur, gangguan tidur,  kurang berolahraga, pola makan yang buruk,  aktivitas yang berlebihan ataupun masalah keuangan.
  • Masalah Pekerjaan : Bekerja dengan sistem shift siang dan malam, lingkungan kerja yang tidak sehat bisa dari segi jam kerja, mutu lingkungan kerja secara fisik,  tekanan pekerjaan, jenis pekerjaan dan interaksi antar pekerja, bawahan ataupun atasan.  Kurang seimbangnya kehidupan misalnya terlalu banyak menghabiskan waktu pada pekerjaan sehingga tidak tersisa waktu untuk keluarga maupun kehidupan sosial.  Masalah juga bisa timbul jika tidak memiliki pekerjaan dan dalam proses pencarian pekerjaan yang panjang dimana pekerjaan yang diinginkan belum diperoleh.
  • Masalah Psikis : kesedihan dan kehilangan harapan yang berkepanjangan bisa menimbulkan depresi.  Kecemasan dan ketegangan pikiran terus memacu adrenalin.  Kehilangan orang terdekat sehingga timbul rasa tidak percaya pada kenyataan, kesepian, ataupun rasa bersalah.

Begitu luasnya penyebab Bunda cepat lelah, maka Bunda perlu memilah-milah apa penyebabnya.  Jika timbul kecurigaan adanya masalah kesehatan, perlunya bimbingan untuk pola hidup yang sehat maupun masalah psikis, maka Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter dengan keahlian yang relevan.  Sedangkan untuk masalah pekerjaan,  solusi yang didapat mungkin bukan yang ideal atau pindah bekerja di tempat lain yang lebih baik.  Sementara itu, yang perlu dijaga untuk mengimbangi keadaan lingkungan pekerjaan yang tidak ideal adalah keseimbangan hidup antara bekerja, waktu untuk keluarga dan kehidupan sosial.   Semoga cepat kembali bugar ya, Bunda.

Sumber Artikel : http://www.betterhealth.vic.gov.au

Leave a Reply