Apr

22

Kiat Bunda untuk Berhemat

kiat-bunda-untuk-berhematKenaikan harga kebutuhan terus saja terjadi yang membuat pengeluaran keluarga membengkak.  Untuk menghindari besar pasak daripada tiang, Bunda sebagai menteri keuangan dalam keluarga harus memiliki kiat Bunda untuk berhemat.

 

Enam Kiat Bunda untuk Berhemat :

  1. Teliti kembali pengeluaran bulanan Bunda.  Pos pengeluaran yang biasanya harus dikaji ulang adalah pos untuk senang-senang seperti nonton, acara keluar kota, makan di luar dan baju.
  2. Konsolidasi lagi hutang yang sedang berjalan. Jika memiliki lebih dari satu hutang, dilihat kemungkinannya untuk berhutang dari satu bank sehingga bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah dan juga lebih praktis.
  3. Lebih baik membayar dengan uang tunai atau dengan kartu debit.  Penggunaan kartu kredit hanya dimungkinkan jika ada keuntungan lebih dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.  Misalnya mendapatkan diskon dengan pembayaran dengan kartu kredit tertentu. Dengan catatan, telah tersedia anggaran untuk melunasi tagihan kartu kredit.  Jika Bunda adalah tipe pembeli yang tidak dapat menahan diri untuk berbelanja spontan sehingga membayar dengan kartu kredit padahal tidak memiliki anggaran, lebih baik potong kartu kreditnya saja.
  4. Kurangi pengeluaran untuk berlangganan.  Misalnya berlangganan majalah dialihkan dengan membaca secara online.  Menjadi member pada klub kebugaran dialihkan dengan berolahraga sendiri dengan instruksi dari video di Youtube.
  5. Alihkan penggunaan handphone dengan layanan paska bayar menjadi pra bayar sehingga Bunda bisa menganggarkan pulsa setiap bulannya dan menyesuaikan penggunaannya.  Adanya fasilitas WIFI di rumah dan di tempat-tempat umum maupun fasilitas chatting gratis memudahkan Bunda untuk berhemat pulsa.
  6. Sesuaikan daftar belanja mingguan dengan menu harian untuk menghindari belanja tengah minggu, belanja makanan tanpa rencana sekaligus ketersediaan jumlah makanan yang berlebih.

Jika dirasa perlu, penghematan frontal bisa dilakukan misalnya dengan mengurangi jumlah kendaraan pribadi, merelokasi tempat tinggal, mengurangi jumlah asisten rumah tangga dan supir,

Inisiatif berhemat ini juga harus didukung oleh ayah dan anak-anak.  Misalnya saling membantu dalam pekerjaan rumah karena jumlah asisten rumah tangga berkurang. Mencocokkan jadwal masing-masing sehingga bisa berangkat atau pulang dalam waktu yang sama sehingga hanya perlu satu kendaraan pribadi sehingga penggunaan bahan bakar bisa dihemat.. Ataupun mengurangi frekuensi pergi ke mall untuk nonton dan makan dengan mengalihkan ke kegiatan outdoor yang tidak perlu biaya. Misalnya bersepeda di sore hari atau jalan bersama di Minggu pagi yang cerah.

Kiat Bunda untuk berhemat bertujuan untuk keluarga dan didukung oleh semua anggota keluarga.


Leave a Reply