Apr

21

Lima Alasan Bunda Berhenti Bekerja

berhenti-bekerjaTidak bisa dibohongi bahwa naluri Bunda sebagai seorang Ibu ingin selalu berdekatan dengan anak-anak. Namun kehidupan dinamis di dunia kerja dan kenyamanan kebutuhan hidup yang sudah terbiasa dipenuhi oleh dua sumber penghasilan, begitu sayang untuk ditinggalkan.    Selama keadaan bisa dikelola dengan baik,  kiprah Bunda bekerja di luar rumah dapat terus dilanjutkan.  Tapi bukan berarti kita boleh terlena dengan keadaan ini.  Jika karena suatu keadaan salah satu harus berhenti bekerja,  Bundalah yang harus mengalah.

Alasan Bunda Berhenti Bekerja

  1. Kenyamanan Anak-anak  :  Setiap anak adalah pribadi yang unik.   Ada yang merasa nyaman dengan kehadiran Bunda di rumah.  Mereka pergi dan kembali ke rumah selalu bertemu Bunda di rumah.  Berada di rumah bersama Bunda.  Jika ada kegiatan yang perlu melibatkan orang dewasa,  Bunda memiliki waktu untuk mendampingi mereka.
  2. Tidak Ada Pendamping yang Dipercaya : Keamanan dan pengasuhan anak-anak adalah utama.   Jika tidak ada pihak keluarga ataupun pengasuh yang dapat memastikannya selama Bunda bekerja di luar rumah.  Maka Bunda harus mengambil alih.
  3. Anak Berkebutuhan Khusus : Ada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti memiliki ketidaklengkapan anggota tubuh,  perlu penanganan khusus dari segi mental atau kecerdasan.  Keadaan ini memerlukan pendampingan dan terapi rutin.  Keterlibatan Bunda dengan kasih sayang yang tulus dapat memberikan hasil yang lebih optimal.
  4. Suami Pindah Tugas ke Luar Kota : Dari tipe pekerjaan suami, ada yang secara berkala pindah tugas ke luar kota.  Kehadiran orang tua secara lengkap dalam keseharian anak akan baik untuk pertumbuhan fisik dan kepribadian anak.
  5. Miliki Bisnis Sampingan : Saat ini sudah banyak orang yang memiliki kantong-kantong penghasilan selain dari gaji dari kantor. Tidak sedikit dari mereka yang memulai bisnis sampingan dari bawah, dengan modal ala kadarnya dan mereka sukses. Pilihlah bisnis sampingan yang sesuai dengan diri Bunda, mulai dari segi modal, waktu dan kemampuan. Bunda bisa mencoba buka toko online, bisnis yang bisa dikerjakan online atau part time job yang bisa dilakukan di saat week end. Bunda bisa melepas pekerjaan utama jika bisnis sampingan sudah maju atau penghasilannya sudah setara dengan gaji di kantor.

 Bunda yang tidak bekerja di luar rumah bukan berarti kehilangan eksistensi diri.  Kehadiran Bunda yang lebih banyak dalam keseharian anak tetap saja memberikan pengaruh yang lebih baik untuk anak-anak.  Peran Bunda tidak dapat tergantikan oleh siapapun.

Selamat Hari Kartini, Bunda.


Leave a Reply