Feb

26

Lima Tips Bunda Bisa Berhenti Merokok

lima-tips-bunda-berhenti-merokokAktifitas merokok tidak hanya dilakukan kaum pria saja, sejak dulu hingga sekarang kaum perempuan pun ikut melakukan aktifitas ini. Kalau kita pergi ke restoran, tidak jarang kita melihat perempuan berbagai usia merokok dengan santainya walaupun mereka makan dengan suami dan anak-anaknya.  Rokok sudah menjadi bagian dari gaya hidup perempuan. Alasan kenapa perempuan merokok adalah dari pengaruh pergaulan sampai bentuk pelepasan stres.

Bunda tahu bahwa merokok sangat berbahaya untuk kesehatan reproduksi Bunda di masa yang akan datang. Bagi Bunda yang sudah memiliki anak, Bunda tahu kebiasaan merokok ini harus segera dihentikan. Selain tidak bagus untuk kesehatan anak, Bunda juga harus menjadi panutan baginya. Belum lagi dampak kesehatan pada organ tubuh yang lain.  Tapi kenapa ya rasanya susah Bunda bisa berhenti merokok?

Lima Tips Bunda Bisa Berhenti Merokok.

  1. Keinginan dan Motivasi yang Kuat.  Bunda harus memiliki keinginan yang kuat agar Bunda bisa  berhenti merokok. Bunda juga harus mengetahui kenapa Bunda berhenti merokok.   Misalnya resolusi ulang tahun untuk lebih peduli  kesehatan diri sendiri antara lain berhenti merokok, minum 8 gelas air setiap hari, melakukan general check – up.
  2. Dukungan Keluarga dan Teman.  Jangan ragu untuk memberitahukan keinginan Bunda untuk berhenti merokok pada keluarga dan teman-teman Bunda. Mereka bisa jadi “alarm” untuk Bunda saat keinginan kuat untuk merokok datang.
  3. Hindari Kopi.  Kopi seperti sahabat sejati perokok. Merokok tanpa minum kopi seperti ada yang kurang. Untuk sementara hindari dulu meminum kopi. Bunda bisa menggantinya dengan jus buah ataupun air putih. Mengulum permen mint juga bisa jadi pilihan karena mengurangi kesempatan untuk merokok dan menghilangkan rasa asam pada lidah yang memancing keinginan untuk merokok.
  4. Makan Buah dan Sayur.  Sebuah penelitian mengatakan banyak makan buah dan sayuran akan membuat rasa rokok tidak enak di lidah. Bunda bisa memulai gaya hidup lebih sehat dengan memperbanyak makan buah dan sayuran.  Dapat dua manfaat sekaligus, badan lebih sehat didapat, keinginan merokok dicegah.
  5. Olah Raga.  Aktifitas fisik akan mencegah kecanduan terhadap nikotin. Bunda bisa melakukan joging di pagi hari, menyiram tanaman, memotong rumput di halaman atau bermain dengan si kecil. Makin banyak waktu luang yang dipakai untuk melakukan aktifitas fisik, keinginan untuk merokok bisa diperkecil.

Tidak banyak orang yang langsung berhasil menerapkan tips-tips yang diberikan. Jika Bunda merasa gagal berhenti merokok, Bunda bisa mencoba lagi hingga berhasil. Ingatlah, kesehatan Bunda dan orang-orang yang Bunda sayangi jauh lebih penting daripada merokok. Selain itu bibir menghitam dan noda gigi berwarna coklat, tidaklah sedap dipandang.  Yakinilah kalau Bunda bisa berhenti merokok. Selamat mencoba!


One Response to “Lima Tips Bunda Bisa Berhenti Merokok”

  1. 6 Kebiasaan yang Dapat Membunuhmu » hari-hari-bunda.com Says:

    […] tenggorokan ataupun kantong kemih.  Juga resiko stroke. Jika Bunda tergerak untuk menghentikan kebiasaan merokok, Bunda akan mendapatkan manfaat kesehatan instan akibat paru-paru dan jantung akan mulai proses […]

Leave a Reply