Aug

10

Makanan dan Minuman Penyebab Penyakit Ginjal

makanan-dan-minuman-penyebab-penyakit-ginjal     Hidup hanya sekali.  Hidup harus dinikmati dengan makan makanan yang enak.  Itu biasanya pemikiran selama masih sehat dan belum mengalami keluhan ataupun didiagnosa suatu penyakit.  Tetapi dengan bertambahnya umur, hendaknya pola gaya hidup sehat harus ditata ulang termasuk mencermati jenis makanan dan minuman yang dipilih.  Banyak makanan dan minuman yang memiliki manfaat yang baik tetapi akibat konsumsi yang berlebihan maka efek negatif yang diterima oleh tubuh.  Ketidakseimbangan diet berimbas pada penyakit-penyakit seperti diabetes, kolestrol, jantung, ataupun penyakit ginjal.

Pengertian Penyakit Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi  yang berbentuk mirip kacang termasuk  bagian dari sistem urine. Fungsi ginjal untuk menyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urine.

Penyebab penyakit ginjal antara lain batu ginjal selain juga disebabkan oleh penyakit-penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, infeksi saluran kemih ataupun akibat penyakit ginjal bawaan.

Batu ginjal adalah benda keras berupa endapan beberapa mineral yang berada di dalam ginjal ataupun saluran kemih dan tidak larut sehingga tidak terbawa oleh urine.

Tergantung jenis mineral yang mengendap, batu ginjal ada empat macam.  Penamaan disesuaikan dengan cara dan bahan baku pembentuk batu ginjal yaitu :

  1. Batu Kalsium adalah batu ginjal yang paling umum diderita oleh pasien penyakit ginjal di Indonesia. Sesuai namanya batu kalsium terbentuk akibat kalsium yang mengendap di dalam ginjal dan tidak dapat keluar bersama urine. Batu ini terbentuk dari campuran dengan oksalat ataupun fosfat.
  2. Batu Struvit-Infeksi adalah batu ginjal akibat infeksi saluran kemih.  Infeksi ini melibatkan bakteri spesies Proteus dan Providensia, spesies Klebsiela, Hemophilus, Staphylococus, Coryne bacterium  ataupun Pseudomonas eratia.  Bakteri-bakteri ini memecah urea dan menghasilkan amoniak.  Kadar tinggi amoniak membentuk batu ini di dalam ginjal.
  3. Batu Asam Urat  adalah batu ginjal yang terbentuk akibat asam urat tidak larut bersama urine dan mengendap di dalam ginjal.  Batu ini berhubungan dengan penyakit asam urat, leukimia dan gangguan metabolisme asam basa.
  4. Batu Cystin adalah batu ginjal yang terbentuk akibat asam amino Cystin yang susah larut dalam urine karena urine sangat asam.  Batu jenis ini jarang ditemui.

Makanan dan Minuman Penyebab Penyakit Ginjal

Berikut ada beberapa makanan, minuman atau zat makanan yang enak ataupun sebetulnya berguna tetapi apapun yang berlebihan tidak memberikan manfaat malahan menyebabkan penyakit :

  • Kalsium adalah jenis mineral penting antara lain untuk membantu metabolisme tubuh, pembentukan tulang dan gigi, pergerakan otot dan mendukung kinerja jantung.  Sumber kalsium yang paling umum diketahui adalah susu dan produk-produk susu seperti keju, es krim dan yoghurt.  Selain susu, kalsium dapat dijumpai juga pada :
  • sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung, daun pepaya, bayam, sawi dan brokoli.
  • gandum, ikan serta kedelai dan produk olahannya seperti tempe dan tahu
  • jeruk dan kacang almond

Pembentukan batu kalsium terbentuk bersama dengan oksalat

  • Makanan Berpurin Tinggi.  Purin adalah bahan baku pembuat asam urat.  Apa saja makanan berpurin tinggi yang perlu diwaspadai?  Soeryoko, H. menyingkatnya menjadi BENJOL KAKIKU yang terdiri dari
  • B      : Bayam atau bebek
  • E      : Emping
  • N     : Nangka atau durian
  • J      : Jerohan
  • O     : Otak
  • L     : Lemak
  • KA : Kacang-kacangan terutama buncis
  • KI  : Kambing
  • KU : Kuah Kambing

Selain resiko terbentuknya batu asam urat, penyakit asam urat perlu diwaspadai akibat makanan berpurin tinggi tersebut di atas.

  • Makanan Mengandung  Oksalat Tinggi.  Kadar oksalat harus dijaga keseimbangan dengan asupan kalsium agar oksalat tidak terserap kembali ke dalam tubuh dan mengendap menjadi batu ginjal.  Sumber makanan yang mengandung oksalat adalah sebagai berikut :
  • Bayam dan bubuk coklat.  Kedua jenis ini sebaiknya dihindari karena kandungan kalsiumnya rendah
  • Selada, kol, brokoli dan kacang hijau boleh dikonsumsi karena mengandung kalsium tinggi.

Baru-baru disinyalir bahwa es teh manis bukanlah pilihan tepat untuk penawar dahaga di musim panas ini karena mengandung oksalat tinggi.

  • Garam dapat menyebabkan konsentrasi urine meningkat menjadi pekat.  Urine pekat mempermudah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Yuk kita makan.  Cuci tangan dahulu lalu pilih yang seimbang ya demi kesehatan yang terjaga hingga nanti.

 

Referensi :

  1. http://id.wikibooks.org/wiki/Penyakit_Ginjal
  2. http://www.jus-manggis.biz/2012/04/penyebab-penyakit-ginjal/
  3. http://www.kesehatan123.com/2668/kalsium/
  4. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2011/10/25/662/Sumber-sumber-Kalsium-Selain-Susu-
  5. http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/08/06/101163/Es-Teh-Tingkatkan-Risiko-Batu-Ginjal/11
  6. Soeryoko, H. 2011. Tanaman Obat Paling Favorit Penghancur Batu Ginjal. Penerbit Andi.  Yogyakarta

 


One Response to “Makanan dan Minuman Penyebab Penyakit Ginjal”

  1. http://linkedin.com/profile/view?id=83530432 Says:

    When are you going to post again? You really entertain me!

Leave a Reply