Jul

9

Melatih si Kecil untuk Berpuasa

melatih si kecil untuk berpuasaPuasa ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan semua umat Islam, tak terkecuali anak-anak yang sudah cukup usianya atau sudah baliq, misalnya pada usia enam dan tujuh tahun. Agar tidak kaget, Bunda perlu mengenalkan dan melatih si kecil untuk berpuasa sejak dini. Mengenalkan dan melatih si kecil untuk berpuasa membutuhkan waktu dan proses karena tidak semua anak kondisi fisik dan psikologisnya sama. Bunda bisa melatihnya berpuasa mulai dari puasa beberapa jam, puasa setengah hari dan puasa sehari penuh.

Tips Melatih si Kecil untuk Berpuasa

  •  Ajaklah si kecil makan sahur bersama keluarga.  Katakan kepadanya bahwa orang berpuasa sangat penting melakukan sahur karena tubuh memerlukan energi hingga saat berbuka tiba.
  • Masaklah makanan favorit si kecil.  Saat santap sahur ingatkan pada si kecil untuk tidak makan terlalu banyak karena akan membuat perutnya sakit. Berikan makanan secukupnya dan jangan berikan vitamin penambah nafsu makan karena anak akan cepat lapar.
  • Berikan pujian. Melatih si kecil untuk berpuasa tidak sama dengan mewajibkan anak untuk berpuasa. Jika si kecil ingin makan pada siang hari, berikan si kecil makan dan setelah itu lanjutkan kembali hingga sore hari. Jika si kecil berhasil berpuasa seharian penuh, berikan pujian seperti “Anak Bunda hebat puasanya poll,” katakan hal ini sambil mencium kedua pipinya.
  • Berikan reward.  Anak-anak menyukai hadiah. Berikan reward atau hadiah kecil jika si kecil berhasil menunaikan ibadah puasa selama satu hari penuh. Reward dalam hal ini tidak mengajarkan anak untuk tidak ikhlas dalam menjalankan puasa, melainkan untuk memicu semangat si kecil terlebih dahulu.
  • Buka puasa bersama.  Saat buka puasa tiba, banyak keluarga yang melakukan tradisi buka puasa bersama dengan keluarga besar atau dengan yayasan panti asuhan. Sesekali ajaklah si kecil untuk menghadiri acara buka puasa bersama, dengan begitu si kecil akan melihat bahwa bukan hanya si kecil saja anak-anak yang sedang belajar berpuasa tetapi anak-anak lain pun melakukannya.

Melakukan ibadah harus dari hati.  Dengan melatih si kecil untuk berpuasa secara bertahap dan kreatif, diharapkan ibadah puasa dapat dijalankan si kecil dengan ikhlas dan gembira.


Leave a Reply