Feb

13

Mengenang Whitney Houston

whitney_houston_dies_021112_610x458-cbsnewscomMasih sulit untuk mempercayai bahwa Michael Jackson telah tiada, kemarin siang dunia dikejutkan oleh kepergian Whitney Houston untuk selama-lamanya.

Whitney lahir pada tanggal 9 Agustus 1963 di New Jersey.  Dia adalah seorang penyanyi pop dan R&B, artis, produser rekaman, penulis lagu dan mantan model. Putri penyanyi rohani Cissy Houston, sekaligus keponakan diva era 1960-an Dionne Warwick dan cicit dari Aretha Franklin ini mengawali kariernya sebagai penyanyi gereja ketika masih kanak-kanak. Saat beranjak remaja, Houston ikut menjadi penyanyi latar Chaka Khan, Jermaine Jackson, hingga Clive Davis.”Pertama kali saya melihatnya bernyanyi adalah pada saat konser ibunya di sebuah klub. Kemampuan bernyanyi Houston sungguh mengejutkanku,” kata Davis kepada “Good Morning America”.

Kesuksesannya membuka pintu bagi para penyanyi wanita Afrika-Amerika yang lain untuk sukses di dunia musik.Dia juga sering sekali dijuluki sebagai “The Voice”. Whitney dikenal sebagai salah seorang diva pop yang memiliki jangkauan suara 5 oktaf dan kemampuannya sebagai penyanyi pop-gospel yang bersuara indah dan kuat yang mampu menyihir penonton dan penyuka musiknya

Pada tahun 1980-an, Houston adalah salah seorang penyanyi wanita Afrika-Amerika pertama yang masuk ke dalam tangga lagu MTV yang pada saat itu didominasi penyanyi rock kulit putih. Album debutnya menjadi album debut dengan penjualan tertinggi sebagai seorang penyanyi solo, yang menduduki peringkat #1 di tangga lagu Billboard 200. Ia juga memegang 7 buah single #1 di tangga Billboard Hot 100, mematahkan rekor 6 kali yang dipegang The Beatles dan The Bee Gees.

Yuk kita simak 10 lagu terbaik Houston versi CelebrityCafe.com:

10. How Will I Know – Ditulis pada tahun 1985  dan dilantunkan Houston untuk menyentuh sejumlah penikmat musik dari berbagai genre, termasuk R&B, dance, pop, dan adult contemporary. Lagu ini bertahan selama dua pekan di berbagai tangga lagu, dan tercatat sebagai tembang Houston kedua yang berhasil meraih peringkat nomor satu. Keceriaan tampak melalui klip video dari lagu ini yang menunjukkan bahwa Houston telah menemukan cintanya.

9. Saving All My Love for You – Lagu ini merupakan lagu keenam yang berhasil menembus peringkat pertama beberapa tangga lagu di dunia. Dikenal sebagai lagu romantis terbaik yang pernah dilantunkan oleh penyanyi wanita. Suaranya yang merdu dengan latar belakang jazzy mengentalkan nuansa romantis pada lagu ini.

8. Greatest Love of All - Masuk dalam album perdana Houston. Lagu ini disebut-sebut sebagai lagu terbaik yang pernah dilantunkannya. Berhasil bertahan selama tiga pekan sebagai lagu nomor satu di berbagai tangga lagu. Dalam klip video kecantikan penyanyi ini berbinar-binar.

7. I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me) – Lagu ini juga langsung meroket ke puncak tangga lagu. Di saat lagu ini berada di atas, Houston meraih penghargaan Grammy untuk kategori “Best Female Pop Vocal Performance”. Klip video dari lagu ini menunjukkan sisi riang dari Houston, berdendang, berdansa dan menikmati penampilannnya dalam pencariannya akan sosok lelaki yang tepat.

6. Didn`t We Almost Have It All? – Tercatat sebagai single kedua Houston dan single kedua yang meraih peringkat pertama dari album yang diambil dari namanya. Pada penghargaan Grammy di tahun 1988, lagu ini masuk nominasi “Song of the Year”. Klip video dari lagu ini berbeda dengan lainnya yang menampilkan Houston di Saratoga Springs, New York, Amerika Serikat.

5. So Emotional – Merupakan satu dari sejumlah tembang laris Houston yang memiliki tempo upbeat. Lagi, tercatat sebagai lagu Houston yang berhasil meraih peringkat pertama Billboard Top 100. Single ini berhasil menjadi nomor satu, meski harus bersaing dengan tembang The Beatles.

4. Where do Broken Hearts Go? - Single ketujuh dari Houston yang mencapai peringkat nomor satu di tangga lagu Billboard. Melalui lagu ini, Houston menduduki puncak teratas berbagai tangga lagu, lantas mencetak rekor pemilik tembang nomor satu terbanyak.

3.  I`m Your Baby Tonight – Houston berupaya menambah sisi urban R&B pada lagu ini. Single ini, lagi, membawa penyanyi berkulit hitam ini ke puncak beragam tangga lagu. Klip video yang sensual dari lagu ini menunjukkan rasa percaya diri Houston sebagai seorang wanita yang tengah dimabuk asmara.

2. The Star Spangled Banner – Whitney Houston melantunkan lagu kebangsaan Amerika Serikat ini pada jeda waktu Super Bowl XXV pada tahun 1991. Houston lantas merekam lagu ini sebagai simbol bagi Amerika Serikat, serta untuk penggalangan dana. Setelah tragedi 9/11, rekaman dari lagu ini kembali dirilis dan mencapai peringkat enam di Billboard Hot 100.

1. I Will Always Love You – Mudah ditebak jika tembang ini menjadi trademark Houston, meski versi asli dari lagu ini dilantunkan oleh Dolly Parton. Bertahan di puncak teratas Billboard Hot 100 dan tercatat sebagai salah satu single terpopuler di dunia bersamaan bertengger di berbagai tangga lagu dunia selama 14 pekan. Lagu ini merupakan soundtrack dari film perdana Houston, The Bodyguard.  Whitney berperan sebagai Rachel Maron, seorang penyanyi yang selalu dijaga beberapa bodyguard antara lain diperankan Kevin Costner.  Klip video dari single ini berisikan kombinasi dari sejumlah adegan di film ini dan aksi solo Houston.

Selamat jalan Whitney.  Kami akan selalu mengenang lagu-lagumu dan pesonamu.  Beristirahatlah dengan tenang.

Referensi :

http://entertainment.kompas.com/read/2012/02/12/10432383/Whitney.Houston.Setan.Terbesar.itu.Ada.di.Diri.Saya

http://id.wikipedia.org/wiki/Whitney_Houston

http://www.gatra.com/hiburan/musik/8525-10-lagu-terbaik-whitney-houston

Sumber photo : cbsnews.com


Leave a Reply