Jun

6

Resep Bunda : Croissant Isi Daging

resep-bunda-croissant-isi-dagingCroisant atau dalam bahasa Indonesianya adalah roti bulan sabit merupakan hidangan istimewa yang nikmat disajikan dalam keadaan hangat, cocok untuk teman sajian minum teh di sore hari.

Biasanya tersedia dalam pilihan croissant tanpa isi, isi coklat, isi keju ataupun isi daging.  Kali ini disajikan resep Croissant Isi Daging :

Bahan-bahan :

A. Bahan Utama

1. 200 gram daging, dicincang halus
2. 100 gram jamur merang, direbus lalu dicincang halus
3. 4 sdm bawang putih yang sudah dicincang


4. 2 buah bawang Bombay, dicincang kasar
5. ½ sdt garam halus
6. ½ sdt merica bubuk

B.  Bahan Saus
1. 5 buah tomat ukuran sedang, dicincang halus
2. 1 siung bawang putih, digerus halus
3. 1 buah bawang bombai dicinvang halus
4. 1 buah paprika merah dicincang halus
5.  Seujung sdt merica
6. Garam secukupnya
7. 50 gram daging cincang
8. 1 sdm minyak untuk menumis
9. Air satu cangkir

C. Bahan croissant
1. ½ kg Tepung terigu
2. 35 gram susu skim
3. 3 butir telur ayam kampong
4. 100 gram korsvet
5. 10 gram yeast
6. 25 gram gula pasir
7. 100 ml air
8. 50 gram mentega
9.100 gram keju parut

Cara Membuat :

1. Sebelum membuat Croissant Isi Daging, terlebih dahulu disiapkan roti croisantnya.

2. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung, susu skim, keju parut, yeast, gula lalu diaduk merata.  Dimasukkan air, lalu diuli hingga rata dan ditambahkan telur yang telah dikocok.  Uli kembali dan jika adonan masih keras, ditambahkan air secukupnya hingga adonan lunak namun tetap kenyal. Selanjutnya dimasukkan mentega, uli hingga kalis dan adonan dikembangkan.

3. Adonan diambil sambil dipulung bulat.  Korsvet dibagi menjadi 3 bagian dan dipotong kecil.  Kemudian bulatan adonan digiling memanjang. Lalu diisi dengan 2/3 bagian korsvet dan dilipat ke dalam.  Biarkan terlebih dahulu.

4. Selanjutnya disiapkan saus, dengan cara menumis bawang putih halus, bawang bombai cincang, paprika cincang sampai layu kemudian dimasukkan tomat cincang dan daging cincang, dilanjutkan dengan bumbu merica dan garam.  Terakhir dituangkan air dan dimasak sampai kental di atas api kecil sambil terus diaduk.  Saus diangkat dan disisihkan.

5. Kemudian pada wajan yang berbeda, kembali ditumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, lalu daging cincang dimasukkan ditambahkan jamur cincang.  Aduk di atas api kecil lalu ditambahkan sebanyak 5 sdm saus yang telah disiapkan sebelumnya.  Ditambahkan merica dan garam.  Jika campuran telah kental, letakkkan sekitar 2 sdm campuran di atas adonan croissant yang telah disiapkan sebelumnya. Digulung, lalu dipanggang pada oven dengan temperature 180 C selama 15 menit.  Croissant isi daging dikeluarkan dari oven.  Disajikan hangat dan dituangi dengan sisa saus yang disiapkan sebelumnya. Tambahkan daun peterseli atau selada sebagai lalapan jika suka.

Croissant Isi Daging cukup untuk konsumsi 6 orang.

 

 


Leave a Reply