Mar

28

Resep Bunda : Poffertjes

resep-bunda-poffertjesPoffertjes yang disebut juga dengan baby pancake ini berasal dari Belanda.  Bentuknya kecil, tekturnya lembut, ringan, dan berongga.  Jika digigit, bagian tengahnya akan terasa hampir meleleh, tapi bukan karena tidak matang ya.

Aslinya, Poffertjes terbuat dari tepung soba (buckwheat) dan ragi, disajikan dengan olesan butter dan taburan gula halus sebagai topping.  Mau coba membuat?

BAHAN

1 sdt (penuh) ragi instan
1 sdm susu cair (untuk campuran ragi)


100 gr tepung soba
100 gr tepung terigu
2 butir telur
1 sdt gula putih
½ sdt garam
250 ml susu cair hangat
1 sdm butter

Topping:
Butter dan gula halus secukupnya

 

Cara Membuat

1. Pada mangkuk kecil, ragi dilarutkan dengan 1 sdm susu.
2. Sementara di mangkuk terpisah, tepung soba dicampur dengan terigu, telur, larutan ragi, gula, garam, dan setengah bagian susu hangat, lalu dikocok hingga lembut.  Sisa susu hangat dimasukkan, lalu kocok lagi.
3. Mangkuk ditutup dengan plastic wrap lalu didiamkan selama satu jam.
4. Olesi cetakan poffertjes dengan butter.  Nyalakan api.  Ketika mulai mendesis, 1 sdt penuh adonan dituang ke dalam lubang cetakan dengan gerakan melingkar.
5. Jika bagian bawah mulai berwarna kecokelatan, cungkil poffertjes dengan tusuk sate lalu balik, tunggu hingga kedua sisi berwarna kecokelatan.
6. Saat poffertjes masih panas, olesi dengan butter lalu taburi gula halus secukupnya.  Sajikan hangat.

Alternatif Sajian Poffertjes

Poffertjes mulai dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda, lalu diadopsi dalam kuliner bangsa kita.  Di Jakarta, Poffertjes lebih dikenal dengan sebutan Kue Cubit.  Poffertjes paling enak dinikmati saat musim hujan bersama secangkir teh manis hangat.

Jika Bunda bosan dengan taburan gula putih, Poffertjes juga bisa dihidangkan dengan garnish lain seperti sirup beri (stroberi, blueberi, cranberi) ataupun whipped cream.  Sirup beri bisa juga dipakai sebagai filling alias isian poffertjes.  Caranya, sebelum membalik poffertjes, tuang sedikit sirup beri, tutup dengan adonan, lalu segera balik.   Kue ini juga enak jika disantap dengan es krim coklat, tetapi tentu saat tidak hujan ya.  Jangan sampai perut kenyang tapi badan jadi kedinginan.  Selamat mencoba


One Response to “Resep Bunda : Poffertjes”

  1. Resep Kue Kering Coklat Mint » hari-hari-bunda.com Says:

    […] Resep Kue Kering Coklat Mint […]

Leave a Reply