Aug

1

Tetap Bugar Dan Cantik Selama Berpuasa

kumpulanfotowanitaataugadiscantik-centralartikelcomSudah hampir 2 minggu kita berpuasa.  Apa tetap bugar dan cantik? Atau malah mudah lelah, kulit kusam dan kering? Perubahan jadwal makan dan tidur serta tidak minum selama 14 jam, jika tidak dicermati akan menyebabkan tujuan kesehatan dalam berpuasa tidak tercapai.  Jadi langkah-langkah apa yang harus dijalani agar ibadah lulus dengan nilai baik serta fisik menjadi lebih bugar karena berpuasa?  Yuk kita simak langkah-langkahnya :

1. Makan sahur.  Pastikan konsumsi makanan bergizi dan minum yang cukup untuk menjaga stamina saat berpuasa.

2. Berbuka puasa dengan tetap menjaga nafsu.  Batalkan puasa dengan minum air putih dan secangkir teh hangat.  Lanjutkan dengan kurma atau menu takjil seperti kolak.  Lakukan sholat maghrib.  Sebelum berangkat sholat tharaweh, konsumsi buah-buahan agar cukup kenyang sampai sholat selesai dan untuk asupan serat.  Selesai tharaweh, santaplah hidangan utama dengan pelan dan berhenti sebelum kenyang.

3. Asupan minum yang cukup.  Kebutuhan minum tetap 2.5 liter atau 8 – 10 gelas/hari.  Oleh karena itu harus diatur asupannya saat berbuka, selesai taraweh, sebelum tidur dan saat sahur.

4. Tetap konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menjaga asupan vitamin dan serat sekaligus untuk menjaga stamina.

5. Konsumsi kurma.  Kurma baik sebagai pembuka puasa setelah minum 2 gelas air karena memberikan tenaga.  Selain itu kurma juga dapat mengatasi sembelit sekaligus diare.  Kurma adalah diet sehat karena mengandung gula, lemak, protein dan vitamin essensial.

6. Tetap berolahraga.  Tentu intensitas waktu dikurangi per minggu.  Saat yang baik adalah 30 menit sampai sejam sebelum berbuka.  Jenis olahraga ringan yang disarankan adalah yoga dan jalan kaki.  Tetap lakukan pemanasan, pendinginan dan perenggangan.

7.  Tidur yang cukup.  Usahakan tidur malam lebih cepat karena waktu tidur terpotong waktu sahur.  Waktu yang biasa digunakan untuk makan siang, bisa untuk sempatkan tidur sekitar 15 menit untuk menjaga kesegaran tubuh hingga saat berbuka

8.  Selain fisik bugar, kulit tetap harus cantik.  Dari dalam perhatikan asupan vitamin A, C dan E, bisa diperoleh dari sumber makanan dan dilengkapi dengan asupan suplemen.  Dari luar, tetap gunakan pelembab, krim mata, krim malam, masker dan body lotion.  Cobalah rangkaian produk Oriflame Aqua-Rhythm Intense Hydration Youth Preserve.  Aneka body cream seperti Divine Sensual, Amber Elixir, Giordani White Gold  dan Dancing Lady Body Cream.  Untuk menjaga kelembaban bibir sekaligus memberi kilau, Oriflame Beauty Wonder Balm layak dicoba.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan di hari penuh kemenangan, selain menjadi umat yang lebih taat juga tetap bugar dan cantik.  Selamat berpuasa ya …….

 

Sumber photo : http://www.centralartikel.com/2010/09/kumpulan-foto-wanita-atau-gadis-cantik.html

Sumber artikel :

- http://health.kompas.com/read/2012/07/31/13533449/Kiat.Menjaga.Kesehatan.Kulit.Selama.Puasa

- http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/25/193910/Puasa-dan-Cairan-Tubuh

- http://www.merdeka.com/sehat/8-manfaat-kurma-bagi-kesehatan-tubuh-anda.html

- http://www.merdeka.com/sehat/7-cara-tetap-bugar-saat-puasa-ramadan.html

- http://eka.web.id/tips-berolah-raga-di-bulan-puasa.html

 


One Response to “Tetap Bugar Dan Cantik Selama Berpuasa”

  1. Menanamkan Makna Hari Raya Idul Adha pada Anak-anak | hari-hari-bunda.com Says:

    [...] anak untuk berpuasa [...]

Leave a Reply