Aug

1

Tujuh Tips Saat Pembantu Mudik

Mengurus Rumah Saat Pembantu MudikMengurus rumah saat pembantu mudik memang menjadi masalah tersendiri. Sehari-hari hampir seluruh kegiatan rumah tangga dikerjakan pembantu. Bunda tidak perlu bingung asalkan tahu cara menyiasatinya.

Tips Mengurus Rumah Saat Pembantu Mudik

1.        Carilah pembantu cadangan

Ada beberapa agen penyalur asisten rumah tangga yang menyediakan pembantu cadangan atau pembantu infal di hari-hari tertentu saat pembantu utama sedang pulang kampung untuk berlebaran. Mintalah rekomendasi teman, saudara atau keluarga agar Bunda mendapatkan agen penyalur yang terpercaya

2.         Berbagi Tugas dengan Suami

Jika Bunda hanya tinggal dengan keluarga inti, mintalah suami untuk berbagi tugas rumah tangga. Misalnya, saat Bunda mengerjakan pekerjaan rumah tangga mintalah suami untuk bermain bersama anak-anak.

3.         Buat Daftar Pekerjaan

Jika kondisinya mengharuskan Bunda mengerjakan semuanya sendirian. Buatlah daftar pekerjaan yang akan Bunda kerjakan hari itu, dimulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi.  Buatlah daftar pekerjaan dengan realistis.  Perhitungkanlah kapasitas tenaga dan waktu tersedia.  Jangan lupa, anak-anak juga perlu waktu santai bersama Bunda.

4.         Libatkan Anggota Keluarga Besar

Jika Bunda memiliki keluarga yang tinggal berdekatan, bisa meminta kesediaannya untuk menerima si kecil bermain bersama anaknya sementara Bunda membersihkan rumah.  Ataupun titip belanja saat dia pergi berbelanja.

5.        Nikmati dan Jangan Cemas

Ketidakhadiran pembantu di dalam rumah, bahkan menimbulkan kenyamanan tersendiri.  Benar-benar hanya keluarga yang tinggal di rumah.  Anak-anak juga bisa dilatih untuk melakukan beberapa hal seperti mencuci piringnya sendiri, menyiram tanaman ataupun membereskan tempat tidurnya.

6.        Belanja Makanan Sekaligus

Belanja makanan untuk keperluan satu minggu akan menghemat waktu Bunda. Masaklah menu-menu makanan praktis seperti sayur tumis, sup baso, semur daging, balado ikan.  Sesekali pergilah makan di luar sekaligus untuk bersantai bersama keluarga.

7.        Atur Waktu Cuti

Jika Bunda dan suami sama-sama pekerja, Bunda bisa mengatur cuti secara bergantian dengan suami.  Jadwal cuti bisa disesuaikan dengan pengambilan waktu cuti yang berlaku di kantor masing-masing.

Mengurus rumah saat pembantu mudik memang repot tapi harus dijalani.  Kerjasama antara anggota keluarga dan memprioritaskan pekerjaan sesuai kapasitas waktu dan tenaga setidaknya bisa meringankan.


Leave a Reply