Jan

29

Tujuh Tips Stamina Tetap Terjaga di Musim Hujan

tujuh-tips-stamina-terjaga-di-musim-hujanSudah dua bulan terakhir ini, hujan turun dengan lebatnya.  Tidak pandang apakah pagi, siang ataupun malam. Langit gelap, petir menyambar dan turunnya hujan begitu deras.  Bahkan bencana banjir melanda sehingga mengganggu aktivitas di ibukota dan menyebabkan hilangnya beberapa nyawa dan kerugian material yang tidak sedikit.   Musim hujan identik dengan penurunan kesehatan akibat kehujanan, udara yang dingin dan jarak tempuh perjalanan yang menjadi lebih lama.  Jadi bagaimana agar stamina tetap terjaga agar aktifitas dapat berjalan tetap normal, yuk simak tujuh tipsnya ya.

Tujuh Tips Stamina Tetap Terjaga

  1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Seimbang : asupan seimbang dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sebaiknya terus dijaga.   Juga jenis pengolahan makanannya.  Batasi makanan yang digoreng ataupun terlalu pedas karena kecendrungan radang tenggorokan meningkat.  Kebutuhan vitamin dan mineral sebaiknya berasal dari sayur mayur dan buah-buahan segar kecuali jika sudah terasa penurunan stamina, konsumsi suplemen dirasa perlu.
  2. Minum Air 8 Gelas Sehari.  Pada saat musim hujan dimana jarang berkeringat, Bunda jadi lupa untuk minum.  Padahal minum tidak hanya diperlukan untuk menghilangkan rasa haus tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh
  3. Jaga Berat Badan Tubuh.  Udara dingin menyebabkan rasa lapar sering datang.  Makan baso panas dan teh manis hangat di luar jam makan begitu nikmat untuk disantap.  Padahal fungsi sistem kekebalan tubuh akan menurun jika kegemukan.  Untuk itu bisa konsumsi Nutrishake yang dibuat dari tiga sumber protein yang sangat baik yaitu kacang, telur dan susu yang memiliki formulasi rendah GI yaitu dapat mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan yang manis dan mempertahankan energi dan konsentrasi.
  4. Olahraga Teratur.  Seringnya turun hujan sehingga tidak dapat berolahraga outdoor ataupun jadi malas pergi ke gym akibat perjalanan macet, dapat diakali dengan berolahraga di dalam rumah seperti melakukan senam aerobik dengan alunan CD,  sit up,  ataupun sepeda statis.  Peningkatan suhu tubuh akibat olahraga sekaligus menghangatkan tubuh.
  5. Menjaga Kebersihan.  Tidak hanya kebersihan tubuh yang harus tetap dijaga dengan mandi teratur, bisa gunakan air hangat.  Tetapi juga kebersihan rumah dan lingkungan.  Hindari penumpukan barang dan genangan air untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah ataupun lalat yang dapat menimbulkan sakit perut.
  6. Tetap Beraktivitas Normal.  Musim hujan tidaklah menghambat aktivitas sehari-hari.  Badanpun terhindar dari rasa lesu.
  7. Berpakaian Yang Sesuai.  Kenakan baju yang lebih hangat agar tubuh nyaman.  Lindungi leher dengan scarf atau baju berleher tinggi pada saat angin kencang di luar untuk hindari radang tenggorokan.  Tidak ada salahnya gunakan kaos kaki ataupun stocking agar kaki hangat dan tidak mudah sakit perut.  Siap sedia payung atau bahkan jas hujan, agar badan terlindung dari kebasahan dalam waktu lama.

Musim hujan dan musim panas akan silih berganti sepanjang tahun.  Apapun musimnya, the show must go on.   Untuk itu stamina tetap terjaga sepanjang tahun seharusnya diusahakan sebaik-baiknya.


One Response to “Tujuh Tips Stamina Tetap Terjaga di Musim Hujan”

  1. 7 Benda Penyebab Sakit » hari-hari-bunda.com Says:

    […] sudah sering mendengar kuman penyebab sakit dapat menyebar antar manusia melalui barang-barang yang disentuh ataupun dipegang bergantian. […]

Leave a Reply